Apa itu Google Adwords dan 5 Alasan Menggunakannya

Bagi sebagian pebisnis yang telah merambah dunia online tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Adwords. Apakah kalian sudah mengenal tool ini? Apakah kalian sudah menggunakannya dengan optimal? Jika belum, kalian sebaiknya mencari tahu lebih banyak lagi.

Sebab tool andalan Google ini merupakan kunci penting untuk mengembangkan bisnis. Google sebagai perusahaan raksasa teknologi merancang tool advertising ini sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk memasang iklan secara online. Nah, apa itu Google Adwords? Dan bagaimana cara pasang iklan di Google?

Mengenal Google Adwords

Apakah saat ini kalian berencana untuk mengiklankan bisnis secara online? Salah satu langkah yang umum ditempuh untuk mempromosikan bisnis secara online adalah dengan membangun website. Harapannya, calon-calon konsumen akan mengunjungi website tersebut lalu mereka akan membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Kenyataannya, membangun website barulah langkah awal untuk memperkenalkan bisnis secara online. Dibutuhkan langkah selanjutnya yakni mempromosikan website bisnis tersebut. Masalahnya, mempromosikan sebuah website bisnis di antara begitu banyak website bisnis sejenis yang tumbuh setiap hari tentu bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Google Adwords adalah salah satu program besutan Google yang secara khusus dirancang untuk memudahkan kalian mendaftarkan iklan website supaya iklan tersebut ditampilkan di halaman hasil pencarian Google dan juga jaringan Google lainnya.

Mesin pencarian Google menjadi tempat yang paling potensial untuk menggaet konsumen baru mengingat search engine ini menempati urutan pertama sebagai search engine yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet.

Di halaman hasil pencarian Google, iklan ditayangkan ketika suatu pencarian mengandung kata kunci atau keyword yang cocok dengan kata kunci iklan Adwords kalian. Bisa dibayangkan, betapa efektifnya iklan tersebut!

Perlu kalian ketahui pula bahwa selama ini Google Adwords tercatat sebagai penyumbang terbesar penghasilan Google. Itu artinya, program periklanan ini banyak digunakan dan memang populer di kalangan pengusaha dari berbagai negara.

Tak hanya perusahaan besar saja, Google Adwords juga dapat digunakan dengan mudah oleh UKM (Usaha Kecil dan Menengah) ataupun pelaku bisnis jasa. Google juga kerap memberikan penawaran menarik bagi para pengguna Google Adwords berupa diskon hingga saldo cuma-cuma. Google Adwords menawarkan dua cara pasang iklan di Google yakni sistem PPM (Pay Per Million) dan sistem PPC (Pay Per Click).

  • PPM

Pada sistem ini, kalian akan dikenai biaya pemasangan iklan jika iklan sudah tampil lebih dari seribu kali. Begitu seterusnya, bayar per kelipatan seribu penayangan iklan.

  • PPC

Sistem ini menerapkan perhitungan iklan berdasarkan hitungan klik pada iklan. Jadi, kalian hanya akan membayar biaya iklan yang diklik saja. Iklan yang ditayangkan tetapi tidak diklik oleh pengguna internet, tidak dikenakan biaya.

Cara pasang iklan di Google melalui program ini pun terbilang mudah. Kalian hanya perlu mempersiapkan dana untuk beriklan dan sebuah akun Gmail. Selanjutnya gunakan akun Gmail untuk masuk ke layanan Google Adwords. Di halaman Google Adwords telah tersedia panduan cara kerja yang terbilang lengkap. Jika panduan cara pasang iklan di Google masih kurang jelas, kalian juga bisa meminta bantuan via telepon tim Google yang dapat dihubungi pada hari kerja.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Google Adwords, ada baiknya kalian menentukan terlebih dahulu tujuan beriklan yang ingin dicapai. Apakah kalian ingin meningkatkan jumlah kunjungan ke website? Ataukah kalian ingin menjaring konsumen yang berada wilayah tertentu saja? Apapun tujuan kalian, tujuan inilah yang nantinya akan membantu saat melakukan pengaturan iklan dan format iklan.

google adwords

photo doc: https://all-free-download.com/free-vector/download/online-shopping-concept-with-infographic-design_6826346.html

Alasan Menggunakan Google Adwords

Sampai di sini apakah kalian sudah memiliki gambaran tentang Google Adwords? Apakah kalian tertarik untuk memanfaatkannya? Jika kalian masih ragu-ragu untuk menggunakan Google Adwords, simak 5 alasan menggunakannya berikut ini.

1.Lebih Cepat Dari SEO

Bila kalian saat ini sedang merintis bisnis baru atau baru saja membangun website, maka Google Adwords menjadi cara yang paling cepat untuk meningkatkan peringkat website di halaman pencarian. Begitu kalian selesai membuat iklan melalui Google Adwords, maka iklan tersebut segera tayang dan kalian bisa merasakan efeknya.

Google Adwords mampu bekerja lebih cepat dibandingkan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Manfaat Google Adwords lainnya, kalian juga bisa mengetahui kata kunci atau keywords yang efektif. Selanjutnya pakailah informasi tersebut untuk menyusun SEO yang efektif. Sangat membantu, bukan?

membuat iklan di Google

photo doc: https://all-free-download.com/free-vector/download/seo-vector-4_155721.html

 

2.Biaya Iklan yang Lebih Terukur

Sistem PPC yang digunakan Google Adwords memudahkan kalian untuk mengatur dan mengawasi biaya untuk iklan sesuai dengan dana yang tersedia. Kalian yang membuat iklan di Google Adwords hanya membayar jika calon konsumen tertarik dan melakukan klik pada iklan. Dengan kemudahan ini, kalian tidak perlu kuatir biaya iklan yang membengkak melebihi anggaran iklan. Kalian juga bisa mengevaluasi iklan setiap minggu atau setiap bulan terhadap kata kunci/ keyword yang dipakai sehingga bisa didapat iklan yang benar-benar efektif.

cara pasang iklan di google

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/making-money_515825.html

3.Jangkauan yang Lebih Luas

Jika kalian ingin menjangkau konsumen lebih luas sampai ke mancanegara, maka Google Adwords menjadi pilihan yang tepat. Google Adwords menyediakan pengaturan iklan berdasarkan lokasi, bahasa, browser yang dipakai, perangkat yang digunakan dan pilihan pengaturan lainnya. Kalian bisa melakukan pengaturan penayangan iklan hingga ke negara-negara lain. Sementara itu bila ingin fokus pada konsumen lokal saja, maka kalian bisa mempersempit jangkauan iklan.

Sebagai sumber pemasukan terbesar bagi Google, tentu saja penyempurnaan terus dilakukan. Jadi, dari waktu ke waktu program iklan ini akan semakin canggih dan bisa mendukung kemajuan bisnis kalian. Saat ini saja, Google Adwords menyediakan beragam fitur sehingga cara pasang iklan di Google semakin mudah dan iklan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya saja pengaturan  iklan berdasar kata kunci/ keyword yang spesifik. Setting ini membuat kalian bisa mengatur penayangan iklan berdasarkan kata kunci tertentu secara spesifik. Misalnya saja kata kunci “hotel jakarta”, maka iklan hanya akan ditayangkan pada orang-orang yang melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tersebut.

manfaat google adwords

photo doc: https://adwords.google.com/intl/en_au/home/how-it-works/

4.Beragam Pilihan Format Iklan

Iklan seperti apa yang kalian harapkan? Apakah iklan dalam bentuk video yang interaktif? Ataukah iklan dalam format foto yang menarik? Google Adwords menyediakan semua format iklan yang dibutuhkan mulai dari iklan dalam format teks saja, format gambar, format video ataupun gabungan dari format-format tersebut.

Iklan dalam format gambar bisa berisikan informasi mengenai produk atau jasa kalian. Format gambar untuk iklan ini dapat berupa gambar statis atau animasi dan bisa dibuat dengan ukuran yang bervariasi sesuai kebutuhan. Sedangkan iklan dalam format video bisa memasukkan unsur teks dan gambar sekaligus. Ada pula iklan mobile yang akan ditayangkan saat calon konsumen melihat halaman website dengan menggunakan perangkat mobile.

keuntungan iklan online

photo doc: https://adwords.google.com/intl/en_au/home/how-it-works/

5.Tool Pendukung Mudahkan Cara Pasang Iklan di Google

Google tak membiarkan kalian kesulitan membuat iklan bisnis yang efektif. Google juga menyediakan tool untuk mendukung cara pasang iklan di Google. Contohnya saja tool Google Adwords Keyword Planner yang akan membantu melakukan riset keyword. Riset keyword sangat penting dilakukan, sebab pemilihan kata kunci/ keyword yang tepat menjadi penentu keberhasilan sebuah iklan.

Selain tool Keyword Planner, ada pula tool Google Analytics yang juga bisa dipakai secara gratis. Tool ini akan membantu kalian untuk mengamati apa saja yang dilakukan oleh pengguna internet sesudah mereka melakukan klik pada iklan dan berkunjung ke website kalian.

Misalnya saja Google Analytics menampilkan data bahwa setelah pengunjung melakukan klik pada iklan dan masuk ke halaman website, sebagian besar pengunjung lantas memilih untuk masuk ke halaman “Promo Kami”. Data ini menunjukkan bahwa halaman yang berisi promo lebih menarik perhatian pengunjung website. Selanjutnya dari data tersebut kalian dapat mempertimbangkan untuk menggunakan halaman “Promo Kami” sebagai landing page. Dengan cara ini tentunya semakin besar pula peluang untuk menggaet konsumen baru, bukan?

Selain itu, Google Analytics juga bisa menunjukkan para pengunjung yang dengan cepat meninggalkan website sesaat setelah melakukan klik pada iklan tertentu. Kondisi ini menunjukkan bahwa keyword yang kalian pilih tidak sesuai. Gunakan data tersebut untuk mencoba mengganti keyword lalu amati perubahan yang terjadi.

Apa itu Facebook Ads? Dan Pelajari 4 Rahasia Sukses FB Ads

Facebook ads adalah terobosan cerdas untuk beriklan di jejaring sosial Facebook. Sebagai jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, Facebook menjadi tempat strategis untuk mempromosikan bisnis kalian baik lokal maupun internasional. Pada artikel ini, kalian akan mempelajari 4 rahasia sukses FB ads.

 

Belajar SEO, Apa Itu SEO, Pengertian dan Dasar SEO – Belajar Bisnis Online

Panduan belajar SEO lengkap dengan berbagai dasar-dasar teknik optimasinya agar website dan blog bisa berada di peringkat pertama Google search engine dan mendapatkan banyak pengunjung organik

 

Misalnya saja kalian bisa mencoba untuk menggunakan keyword panjang atau keyword yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Sebagai contoh keyword panjang “spesialis rias wisuda” untuk menggantikan keyword “rias wajah” atau keyword “jasa rias”.

Keyword panjang seperti ini kurang populer sehingga tingkat persaingan lebih kecil. Artinya, biaya iklan per klik cenderung lebih murah. Selain itu, keyword panjang lebih spesifik menjaring konsumen potensial yakni mereka yang benar-benar mengetahui apa yang sedang dicari.

Data yang disajikan Google Analytics juga dapat membantu kalian untuk mengetahui iklan yang tidak produktif. Selanjutnya iklan tersebut bisa segera dihentikan sehingga tidak menguras anggaran untuk iklan online. Biaya iklan pun bisa dipakai secara efektif untuk membiayai iklan-iklan online yang lebih produktif.

apa itu google adwords

photo doc: https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner/

Jadi, apakah sekarang kalian semakin tertarik untuk mencoba kecanggihan Google Adwords? Jika berencana untuk segera mencoba membuat iklan di Google dengan memakai Google Adwords, pastikan website bisnis kalian sudah benar-benar menarik secara visual.

Mulai dari desain website yang rapi, halaman-halaman yang tersusun teratur, foto-foto yang jelas dan tajam, navigasi yang lengkap dan mudah dipahami, serta konten yang berkualitas. Dengan cara ini keuntungan iklan online melalui Google Adwords bisa diraih secara optimal. Jangan sampai pengunjung yang datang melalui iklan, tak betah berlama-lama karena desain website yang rumit, membingungkan dan konten yang tidak tertata rapi.

jasa adwords

Read previous post:
facebook ads adalah
Apa itu Facebook Ads? Dan Pelajari 4 Rahasia Sukses FB Ads

Apakah kalian punya akun Facebook? Hampir semua orang punya akun Facebook dan mengaksesnya setiap hari. Di tahun 2018, tercatat jumlah...

Close