5 Alasan Kenapa Kalian Perlu Foto Editing

Foto menjadi salah satu elemen penting saat merintis bisnis maupun ketika mengembangkan usaha. Foto-foto dibutuhkan untuk mengisi website, membuat katalog, kartu nama, brosur, presentasi dan keperluan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan foto, kalian bisa mengambil foto sendiri baik dengan kamera canggih ataupun dengan smartphone saja. Foto-foto tersebut sebaiknya jangan langsung digunakan. Dibutuhkan proses foto editing supaya mendapatkan foto yang benar-benar berkualitas.

Proses foto editing memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga tidak mudah dilakukan. Jika kalian tidak memiliki keahlian yang satu ini, lebih baik menyerahkannya ke jasa edit foto profesional.

Dalam proses editing ini, ada banyak hal yang harus dikerjakan mulai dari memperbaiki pencahayaan foto, menambahkan beberapa efek foto sesuai kebutuhan, menambahkan teks, dan lain sebagainya. Pekerjaan edit foto ini umumnya menggunakan software-software pengolahan foto seperti Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Nah, apakah foto-foto yang kalian gunakan untuk keperluan bisnis telah melalui proses editing? Jika selama ini kalian masih mengabaikan pentingnya mengedit foto, sebaiknya simak baik-baik 5 alasan kenapa kalian perlu foto editing.

Kualitas Foto Mewakili Citra Perusahaan

 

Foto-foto yang kalian gunakan berkaitan dengan urusan-urusan bisnis tentunya akan mewakili citra perusahaan. Misalnya saja foto-foto yang ditampilkan di website. Apa akibatnya jika foto-foto di website tampak buram, kurang jernih, warnanya tidak tajam, atau terlalu gelap? Tentu saja pengunjung website tidak akan terkesan. Akibatnya mereka urung menggunakan jasa kalian atau membeli produk kalian.

Khususnya bagi kalian yang mempromosikan produk-produk  secara online, sebaiknya tampilkan foto-foto produk dalam ukuran besar, jernih dan tajam. Kalian bisa menggunakan jasa fotografer profesional untuk mendapatkan foto-foto yang bagus. Namun tetap saja proses editing foto harus dilakukan. Dalam hal ini, editing foto yang dibutuhkan selanjutnya antara lain menghilangkan latar belakang pada produk, menambahkan latar belakang warna putih, menambahkan logo bila diperlukan dan beberapa sentuhan editing lainnya.

Jika kalian memasarkan produk di marketplace, biasanya dianjurkan untuk menggunakan foto produk dengan latar belakang warna putih bersih. Tentu cukup menyita waktu bila kalian memiliki banyak produk. Untuk keperluan seperti ini, kalian bisa memanfaatkan jasa edit foto yang bisa mengerjakannya dengan relatif lebih cepat.

Pastikan kalian mengevaluasi semua foto yang hendak digunakan untuk kepentingan bisnis. Cermati baik-baik apakah foto-foto tersebut sudah menampilkan prinsip-prinsip penting yang menentukan kualitas foto.

  • Warna

Sebuah foto yang berkualitas umumnya akan menampilkan warna-warna yang harmonis. Bagaimana dengan foto koleksi kalian? Apakah warna-warna pada foto terlihat selaras? Dalam proses editing, mengubah warna bisa dilakukan untuk membuat foto yang unik. Misalnya saja mengubah warna foto menjadi kebiruan, kekuningan ataupun hitam putih.

  • Pencahayaan

Lalu bagaimana dengan pencahayaan pada foto? Apakah foto tampak terlalu gelap ataukah terlalu terang? Apakah objek yang hendak ditonjolkan pada foto sudah terlihat dengan jelas? Dalam proses editing, koreksi terhadap cahaya bisa dilakukan sehingga area yang gelap menjadi lebih terang dan sebaliknya, area yang terlampau terang bisa dibuat sedikit lebih gelap.

  • Kontras

Bagaimana dengan kekontrasan pada foto? Apakah tingkat kekontrasan pada foto sudah sesuai dengan kebutuhan kalian?

  • Komposisi

Perhatikan pula komposisi foto, apakah foto sudah memiliki komposisi yang menarik? Setidaknya foto yang berkualitas memiliki salah satu dari komposisi dasar. Misalnya komposisi rule of third, komposisi simetris, atau komposisi garis diagonal.

foto editing

photo doc: http://timlingley.blogspot.com/2014/01/abolishing-rule-of-thirds-composition.html

 

Foto Editing Menyelamatkan Koleksi Foto yang Nyaris Dibuang

 

Kemajuan teknologi menghadirkan smartphone dengan fitur kamera yang semakin canggih. Setiap orang bisa dengan mudah mengabadikan peristiwa-peristiwa penting hanya berbekal smartphone saja. Sayangnya, beberapa hasil foto mungkin tidak sesuai harapan. Misalnya saja hasil foto miring karena terburu-buru atau adanya objek yang tak diinginkan dalam foto karena sudut pengambilan foto yang kurang tepat. Foto-foto yang tak sesuai harapan seperti itu jangan buru-buru dibuang.

Dengan bantuan aplikasi foto editing, foto-foto tersebut bisa dipoles sehingga tampak lebih indah. Foto yang miring bisa diluruskan, objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto bisa dihilangkan dan beberapa efek foto juga bisa ditambahkan. Untuk hasil yang sempurna, kalian bisa memanfaatkan jasa edit foto yang sudah berpengalaman mengolah foto.

jasa edit foto

photo doc: https://www.colesclassroom.com/edit-newborn-photos-in-lightroom-65-seconds/

 

Foto-foto Berkualitas Tinggi Meningkatkan Pendapatan

 

Apakah kalian berbisnis makanan? Apakah kalian menjual pakaian, perabot rumah tangga ataukah tanaman hias? Tahukah kalian bahwa 93% konsumen menjadikan foto sebagai bahan pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk? Apapun produk yang ditawarkan, foto menjadi senjata penting untuk merebut hati konsumen. Foto-foto yang indah dan berkualitas tinggi, tak hanya dibutuhkan untuk ditampilkan di website saja tetapi juga di akun-akun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Untuk kebutuhan tersebut, pekerjaan-pekerjaan foto editing sangat dibutuhkan. Sebab foto mentah hasil jepretan kamera ataupun smartphone masih memiliki kekurangan-kekurangan. Coba saja lihat foto-foto produk berikut ini yang terlihat sangat indah, jernih dan tajam. Foto-foto ini membuat konsumen tak berpikir berulang kali untuk membeli produk yang ditawarkan. Khusus untuk foto produk, ada beberapa tips yang sebaiknya kalian ketahui.

  • Foto Produk Dengan Varian Warna

Jika kalian memiliki satu produk dengan pilihan warna yang beragam, sebaiknya tampilkan foto produk dari masing-masing koleksi warna yang tersedia. Dengan cara ini, konsumen memiliki gambaran yang lebih jelas ketika mereka ingin membeli produk dari warna-warna yang berbeda. Foto produk yang sama dengan warna-warna yang berbeda juga akan membuat katalog kalian lebih hidup dibanding jika hanya mencantumkan keterangan varian warna saja.

varian foto produk

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/hd-beauty-image-05-hd-picture_168516.html

  • Foto Produk Dari Berbagai Sudut

Foto katalog produk akan terlihat lebih menarik jika ditampilkan dalam berbagai sudut. Foto-foto tersebut akan membantu konsumen mendapatkan gambaran yang lebih banyak mengenai suatu produk. Lengkapi pula dengan keterangan tinggi dan lebar produk.

foto produk

photo doc: https://shop.nordstrom.com

  • Foto Produk Saat Digunakan

Sebuah produk akan semakin menarik bila ditampilkan pula foto-foto ketika produk tersebut sedang digunakan. Misalnya saja, foto pakaian yang sedang dikenakan oleh model, foto tanaman hias yang diletakkan di ruangan, foto makanan yang sedang disantap, foto kursi di ruangan dan contoh sejenis lainnya.

contoh foto produk

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/fine-furniture-sofa-01-hd-pictures_167797.html

  • Foto Detail

Ada kalanya suatu produk memiliki bagian-bagian yang kurang terlihat dengan jelas. Contohnya saja motif kain, lipatan-lipatan tertentu pada pakaian, dan kantong bagian dalam tas. Untuk produk seperti ini, ada baiknya kalian menampilkan foto detail bagian tersebut sehingga konsumen mendapat gambaran yang lebih jelas.

jasa foto editing

photo doc: https://shop.nordstrom.com

 

Foto yang Berkualitas Memudahkan Pekerjaan Marketing

 

Membuat copywriting yang efektif untuk memasarkan suatu produk bukanlah perkara mudah. Bisa jadi kalian harus membuat beberapa copywriting dan melihat respon konsumen. Pekerjaan marketing ini menjadi lebih mudah jika kalian menambahkannya dengan beberapa foto pendukung atau serangkaian foto yang mampu bercerita.

Misalnya saja foto bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan suatu produk, foto para pekerja yang sedang membuat produk, foto saat produk dikemas hingga dipasarkan. Serangkaian foto yang mampu bercerita seperti sangat cocok melengkapi copywriting produk untuk ditampilkan di Facebook atau media-media sosial lainnya.

Tentu saja serangkaian foto tersebut perlu melalui proses foto editing supaya memiliki keseragaman style, kontras  dan pencahayaan. Dengan melakukan editing sesuai kebutuhan, maka diharapkan serangkaian foto menjadi satu kesatuan yang bisa menyampaikan pesan atau cerita kepada konsumen.

edit foto

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/old-fashioned-gym_513636.html

 

Membantu Branding Perusahaan

 

Begitu melihat foto-foto alam dan satwa-satwa liar yang begitu unik dan indah, maka dengan cepat dalam ingatan kita segera muncul nama National Geographic. Style foto yang serupa pun bisa kalian gunakan untuk branding perusahaan dan pekerjaan foto editing membantu mewujudkannya. Contohnya saja, editing pada foto dengan menambahkan efek-efek vintage atau retro. Begitu melihat foto-foto dengan style vintage atau retro, maka diharapkan pada ingatan konsumen segera muncul brand produk kalian.

Foto-foto untuk keperluan bisnis, sebaiknya tidak mengambil dari koleksi foto-foto free download yang tersedia di beberapa situs. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan  koleksi foto sendiri. Kalian bisa mengatur adegan-adegan tertentu atau mengambil sudut-sudut foto khusus supaya pesan yang ingin disampaikan bisa terlihat pada foto tersebut. Foto yang dihasilkan pasti akan terlihat lebih profesional dan eksklusif.

jasa edit foto

Jika harus menggunakan foto-foto free download, alangkah baiknya beri sentuhan pada foto tersebut sehingga memiliki style khas kalian. Proses editing akan membantu membuat foto-foto tersebut tampak berbeda. Ditambah lagi dengan keahlian memadukan foto, maka foto-foto free download bisa tampil benar-benar unik. Proses editing seperti ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun bila sudah melihat hasilnya, kalian akan merasa puas.

jasa edit

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/roses-flower-love_214264.html

Nah, itulah 5 alasan kenapa kalian perlu foto editing terutama untuk kebutuhan bisnis. Tentu saja editing pada foto tetap harus memperhatikan batasan-batasan kewajaran. Editing foto yang berlebihan sebaiknya dihindari supaya foto-foto kalian tetap terlihat alami. Jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menggunakan jasa edit foto profesional. Tak ada ruginya mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan foto-foto berkualitas yang mampu mendongkrak pendapatan dan citra bisnis kalian.

 

15 Pilihan Cara Bisnis Online yang Bisa Merubah Hidup Kalian

Konsumen sudah bergeser dari offline ke online, sebanyak 46 persen warga Indonesia mencari info produk secara online. Menurut Google, bahkan masyarakat yang gaptek pun 36 persen dari mereka kini lebih memilih membayar lewat ATM. Sekarang kami akan bahas cara bisnis online yang akan mengubah hidupmu

 

9 Rahasia Penting dalam Perencanaan Produk Baru yang Pasti Laris

Pelajari panduan lengkap dalam perencanaan produk baru yang pasti laris dengan studi kasus dan contoh dari produk unik dan menarik yang sudah pernah dibuat di dunia.

Read previous post:
Company profile
Contoh Website Company Profile

Internet of things (IOT) sudah jadi jargon umum di era digital. Ada banyak cara untuk mengimplementasi IOT di masa digital...

Close