Apa Itu Digital Marketing dan Bagaimana Strategi serta Konsep Terbaik untuk Menerapkannya

Digital marketing merupakan senjata baru di dunia marketing yang mulai berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini, seiring dengan pesatnya pertumbuhan teknologi.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan digital marketing dan bagaimana cara terbaik untuk menerapkan konsep ini dalam dunia marketing?


Pengertian Digital Marketing

Apa hal pertama yang terlintas dalam benak kalian tentang digital marketing?

Apakah berkaitan dengan segala jenis strategi marketing yang melibatkan penggunaan smartphone dan aplikasi?


Digital marketing adalah segala jenis kegiatan promosi yang menggunakan media elektronik. Artinya, segala jenis promosi yang dilakukan dengan menggunakan media seperti radio dan televisi sejak puluhan tahun yang lalu merupakan bagian dari konsep ini.

Lalu mengapa istilah “digital” dalam marketing baru populer belakangan ini? Jawabannya sederhana, karena dalam beberapa tahun belakangan ini jumlah pengguna alat elektronik (baca: smartphone) meningkat tajam. Smartphone (dan internet) menjadi sebuah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan banyak orang.

Marketing itu sendiri pada dasarnya adalah upaya untuk melakukan kontak dengan para pengguna atau target pasar, dan kita dapat dengan mudah menemukan mereka di internet, dan  akhirnya muncullah istilah digital marketing.


Konsep Digital Marketing

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa digital marketing merupakan upaya melakukan promosi dengan menggunakan media elektronik termasuk radio dan televisi. Namun, untuk saat ini, konsep ini lebih banyak dikaitkan dengan upaya promosi secara online.

Berikut ini adalah beberapa taktik yang umum dipergunakan dalam konsep marketing yang satu ini:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Konten marketing
  • Email marketing
  • Sosial media marketing
  • Affiliate marketing
  • PPC (Pay per Click)
Strategi digital marketing

photo doc: iide.co

Berbagai jenis taktik dan strategi digital marketing diatas pada dasarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mempromosikan sebuah produk atau jasa untuk meningkatkan brand awareness yang pada akhirnya meningkatkan jumlah pembelian.

Saat ini bisa dikatakan setiap pelaku usaha menggunakan konsep ini untuk memasarkan produk mereka. Semua strategi tersebut bisa dilakukan secara independen atau bisa juga dengan menggunakan jasa digital marketing.


Keunggulan Digital Marketing

Mengapa strategi marketing yang satu ini sangat populer? Karena strategi ini menawarkan begitu banyak keunggulan, terutama bila dibandingkan dengan teknik marketing konvensional.

Keunggulan digital marketing yang bisa didapatkan berupa:

  1. Biaya Terjangkau
  2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat
  3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal
  4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif
  5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi
  6. Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

 

Keunggulan #1: Biaya Terjangkau

Berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan di majalah, koran, atau billboard?

Bandingkan dengan biaya untuk mempromosikan sebuah produk melalui akun sosial media seperti Facebook atau Instagram?

Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pemilik usaha kecil dan menengah dengan budget yang terbatas.

Semua orang bisa mengambil keuntungan dari teknik pemasaran ini, dan bagi mereka yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah belajar digital marketing dari berbagai sumber terpercaya di luara sana.

Perbandingan biaya digital marketing dengan strategi marketing lain

Photo doc: lyfemarketing.com

 

Keunggulan #2: Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat

Bagaimana cara pemasang iklan di koran atau majalah mengetahui jumlah orang yang telah melihat iklan mereka?

Hal ini sulit untuk diketahui. Jauh berbeda dengan digital marketing dimana kalian dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah pengunjung, jumlah konversi, nilai ROI dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian dapat melakukan evaluasi tentang strategi yang telah dilakukan, apakah efektif atau tidak. Penyesuaian dapat dilakukan secara berkala untuk memberikan hasil yang diinginkan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.

Kalian bisa mengukur banyak aspek dalam strategi ini misalnya saja jumlah pengunjung. Dengan menggunakan software digital, kalian dapat melihat jumlah pengunjung, jenis perangkat yang dipergunakan, asal, serta berbagai informasi digital lain.

Hal ini bisa membantu dalam melihat tingkat efektifitas marketing yang dipergunakan. Bila ada salah satu strategi yang kurang memuaskan, maka kalian bisa memilih untuk menghentikan penggunaannya atau lebih berfokus untuk upaya perbaikannya.

Efektivitas digital marketing

Photo doc: adobomagazines.com

 

Keunggulan #3: Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal

Sulit untuk memastikan apakah iklan yang dipasang di majalah akan bisa sampai pada target pasar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini, namun bisa dikatakan bahwa kapasitas untuk bisa menjangkau target pasar jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan digital marketing.

Dengan menggunakan digital marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di hadapan target pasar. Bagaimana caranya?


jasa digital marketing


Dengan menggunakan SEO dan berbagai alat analisa lainnya, kalian bisa menemukan konsumen yang melakukan pencarian di internet mengenai topik yang berkaitan dengan bisnis kalian.  Penggunaan iklan sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk mentargetkan target pasar yang mungkin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kalian berdasarkan berbagai informasi seperti area tempat tinggal, usia, dan pekerjaan.

Kemampuan untuk mampu menjangkau target pasar secara lebih spesifik seperti ini akan membawa hasil yang lebih efektif dan juga hemat biaya.

 

Keunggulan #4: Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif

Di masa lalu, sulit rasanya bagi sebuah bisnis kecil untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Keterbatasan dana untuk melakukan promosi merupakan salah satu kendala utamanya.

Digital marketing merubah hal tersebut. Saat ini, para pengusaha kecil memiliki kesempatan yang sama besar untuk bersaing dengan para kompetitor. Penggunaan digital marketing dengan biaya yang lebih terjangkau membuat siapapun mempromosikan produk mereka untuk menarik perhatian calon konsumen baik lokal, nasional, bahkan internasional.

 

Keunggulan #5: Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi

Dalam strategi marketing klasik, dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut.

Berbeda dengan digital marketing, dimana kalian dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil secara terus menerus. Kemudahan dalam melakukan perubahan dan improvisasi strategi berdasarkan hasil yang masuk secara real time membuat teknik pemasaran ini lebih fleksibel menguntungkan.

 

Keunggulan #6: Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Pengguna smartphone dan internet saat ini tidak lagi terbatas hanya di kota-kota besar saja. Para penduduk yang tinggal di kota kecil saat ini juga sudah menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para marketer untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa perlu pusing memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi hambatan jarak.

Penggunaan sosial media yang semakin meluas juga menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi. Hal ini tidak hanya terbatas bagi para pengguna dekstop saja, namun juga mereka yang selalu bepergian dan lebih bergantung pada mobile device mereka.

Digital marketing dalam menjangkau target pasar

Photo doc: ciim.in


Trend Digital Marketing dan Pemanfaatannya

Trend digital marketing seperti apa yang saat ini sedang berkembang?

Memanfaatkan trend yang ada akan memberikan peluang yang lebih besar untuk memenangkan konsumen. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang sedang diminati serta bagaimana cara memanfaatkannya untuk kebutuhan marketing.

Trend digital marketing terbaik:

  1. Sosial Media
  2. Influencer Marketing
  3. Augmented Reality
  4. Konten Marketing
  5. Google Adwords

 

Trend #1: Sosial Media

Sosial media dalam digital marketing

Photo doc: smallbiztrends.com

Tidak bisa diragukan lagi sosial media merupakan salah satu strategi yang paling populer dalam dunia digital marketing. Para penyedia jasa digital marketing pasti akan melibatkan sosial media dalam setiap rencana mereka.

Pertanyaannya adalah, sosial media apa yang sedang populer saat ini? Tujuan promosi bisa dilakukan di hampir segala jenis sosial media, namun bisa dikatakan Instagram dengan Instagram Stories mereka adalah trend saat ini.

Sekitar 300 juta pengguna harian aktif Instagram Stories tercatat pada bulan November, tahun 2017 lalu. Hal ini berarti sekitar 60% pengguna Instagram memanfaatkan fitur ini untuk berbagi konten dan cerita. Angka ini diperkirakan akan semakin meningkat kedepannya, jadi mengapa tidak memanfaatkannya untuk tujuan marketing?

Untuk memanfaatkannya, pergunakan susunan foto yang menarik dan buat cerita yang singkat, orisinil, serta beda dari yang lain untuk lebih menarik perhatian orang.


9 Rahasia Penting dalam Perencanaan Produk Baru yang Pasti Laris

Panduan lengkap dengan rahasia sukses dalam perencanaan produk baru yang sesuai dengan jenis kebutuhan dan target market. Dijamin 90% pasti laris.


Trend #2: Influencer Marketing

Manfaat influencer marketing dalam digital marketing

Photo doc: cleverus.com

Mengapa influencer marketing menjadi salah satu trend yang berkembang saat ini?

Karena strategi digital marketing ini terasa jauh lebih orisinil bila dibandingkan dengan iklan. Para influencer ini pada umumnya sudah memiliki kredibilitas. Konten yang mereka sampaikan terasa lebih personal tanpa ada kesan terlalu dibuat-buat.

Banyak orang yang sudah merasa jenuh dengan tipe promosi yang terdahulu dan influencer marketing menjadi angin segar karena pendekatan yang mereka lakukan berbeda dengan strategi lain sehingga tidak heran bila hasilnya jauh lebih efektif.

Untuk menggunakan strategi ini, bekerjasamalah dengan para influencer yang memiliki area yang sama dengan produk atau jasa yang akan kalian tawarkan untuk lebih meningkatkan kredibilitas produk kalian serta mampu untuk menjangkau target pasar yang spesifik.

Contoh sederhana, untuk mempromosikan produk make up baru, bekerja samalah dengan influencer yang dikenal sering berbagi tips make up atau melakukan tutorial make up, bukan dengan influencer yang lebih sering berbagi tips mengenai gaya hidup sehat.

 

Trend #3: Augmented Reality

Augmented reality dalam digital marketing

Photo doc: tech.co

Augmented reality (AR) berbeda dengan virtual reality (VR) karena jauh lebih mudah dipergunakan tanpa memerlukan alat khusus seperti headset.

Penggunaannya semakin populer karena terbukti mampu memberikan hiburan serta jauh lebih bermanfaat bagi para pengguna. Sebagai contoh, aplikasi IKEA Place dari IKEA akan membantu calon pembeli dalam menentukan furniture yang tepat ukurannya dan sesuai dengan rumah mereka masing-masing. Penggunaan aplikasi ini akan meningkatkan user experience dan merupakan strategi yang nampaknya akan semakin berkembang ke depannya.

Saat ini beberapa perusahaan teknologi seperti Layar dan Augment menyediakan jasa untuk membuat fitur AR sebagai bagian dari strategi digital marketing kalian.

 

Trend #4: Konten Marketing

Strategi digital marketing dengan konten berkualitas

Photo doc: dewina-journal.foutap.com

Penyedia jasa marketing online tidak akan pernah mengabaikan pentingnya konten marketing dalam strategi mereka. Konten yang berkualitas merupakan salah satu aspek SEO yang tidak ada matinya.

Untuk memanfaatkannya, buat konten yang benar-benar berkualitas berupa konten yang menghibur, unik, engaging, menggunakan kata kunci yang tepat, dan dibuat berdasarkan in-depth research.

Konten berkualitas seperti ini bisa dimasukkan dalam berbagai saluran mulai dari sosial media, blog, hingga website. Harga website toko online saat ini sudah semakin terjangkau sehingga tidak ada alasan bagi sebuah bisnis untuk membuat website toko online mereka masing-masing dan mengisinya bukan hanya dengan produk yang ditawarkan namun juga berbagai konten berkualitas dan bermanfaat.


jasa penulis artikel berkualitas


 

Trend #5: Google AdWords

Adwords dalam digital marketing

Photo doc: classybrain.com

Jangan remehkan kekuatan iklan seperti Google Adwords. Dengan kemudahan sarana dan materi untuk belajar adwords, siapapun bisa membuat iklan produk mereka tampil dihalaman pertama mesin pencari Google.

Strategi digital marketing AdWords memiliki banyak keuntungan termasuk diantaranya adalah kemampuan untuk mencapai target pasar mereka pada saat dan waktu yang tepat, serta kemungkinan ROI yang cepat karena mereka hanya perlu membayar saat seseorang meng-klik iklan tersebut.

Pastikan untuk tidak hanya terpaku pada satu strategi saja dan selalu ikuti perkembangan trend yang ada untuk bisa menyesuaikan strategi digital marketing yang paling tepat untuk mencapai target.

Read previous post:
website toko online
4 Tips Membuat Website Toko Online yang Ramai Pembeli

Apakah kalian sudah siap untuk membuka sebuah toko online untuk menjalankan bisnis? Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kalian...

Close