Bagaimana menjadi Freelancer yang Sukses Khususnya di Sribulancer

Berawal dari 2 tahun yang lalu ketika saya mulai jenuh dengan kehidupan kampus yang banyak lowongnya tanpa kegiatan yang berarti, ditambah dengan biaya hidup yang semakin terasa saat adik mulai memasuki universitas, terbesit di pikiran untuk mencari pekerjaan part time. Namun dengan minimnya pengalaman, dan karakter saya yang kurang pandai bersosialisasi, membuatnya terasa semakin berat.

Kemudian saya mulai googling mencari tips untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan alhasil saya tertarik dengan membaca pengalaman seseorang dan apa yang ia capai sebagai seorang freelancer.

 

Kisah Awal Menjadi Freelancer

Saya pikir mungkin pekerjaan ini bisa saya lakukan, terlepas saya sendiri sejak dulu sering dan hobi dalam menulis. Namun ternyata tidaklah mudah. Banyak situs yang mempekerjakan freelancer dan mencari artikel, namun saya merasa tidak puas dengan budget yang ditawarkan. Ada juga yang menawarkan harga pas namun menuntut untuk selalu update setiap hari, sehingga cukup membuat saya kerepotan.

Kemudian saya menemukan situs Sribulancer, dan mempelajari cara kerja para freelancer yang baru bergabung, serta sistem job yang diterima. Saya cukup tertarik, karena selain saya dapat memilih job yang saya inginkan sesuai dengan availability saya, juga harga yang ditawarkan job – job nya cukup memuaskan. Saya mulai mencoba log in, dan mengisi segala informasi serta portofolio semenarik mungkin.

Pada awalnya saya belum berani mengambil kategori menulis, karena saya merasa belum berpengalaman saat itu, juga demand dari klien terasa cukup sulit untuk saya lakukan. Kemudian saya melirik kategori penerjemah English-Indonesian karena saya cukup yakin dengan penguasaan grammar saya.

Setelah beberapa kali menulis penawaran dengan menceritakan kemampuan diri dan kecepatan dalam mengerjakan job, akhirnya saya mendapatkan job pertama di Sribulancer setelah kurang lebih 2 bulan meng-apply, yaitu mentranslate English to Indonesian. Cukup deg – degan untuk job pertama, dan saya mengerjakannya secepat mungkin sebelum waktu estimasi yang diberikan.

Meskipun pada job perdana ini saya merasa kemampuan sebagai penerjemah masih kurang karena klien hanya memberikan 4 bintang, namun saya tetap ingin mencoba lagi, dan untuk beberapa saat lamanya saya menggelutinya. Sampai kemudian saya mulai memberanikan untuk mengajukan penawaran pada job menulis artikel.

Cukup berat, dan sulit didapatkan, karena klien tidak hanya memerlukan janji – janji pengerjaan, tapi juga bukti seperti portofolio yang sesuai dengan tema yang mereka ajukan.

Setelah beberapa kali gagal, saya kemudian tertarik dengan sebuah tema, dan kebetulan saya memiliki portofolio yang sesuai dengan tema tersebut. Tidak berapa lama, klien kemudian tertarik bekerja sama dan memberikan struktur penulisan yang diinginkan. Meski awalnya terasa ribet, namun saya bersyukur dengan peluang tersebut.


Baca juga:


Tips Mendapatkan Job Lebih Mudah

Setelah job itu, saya merasa cukup percaya diri dan merasa cukup handal dalam meng-apply job – job writing selanjutnya. Namun dikarenakan oleh kegiatan di luar yang sudah mulai membuat saya sibuk, saya sempat absent dari job freelancer ini selama kurang lebih 2 tahun, dan mulai aktif kembali sekitar awal tahun 2018 yang lalu.

Saat kembali, saya seperti merasa kembali di titik awal. Namun karena pengalaman yang masih tersimpan, saya merasa cukup mudah untuk kembali ke dunia freelancer ini. Memang kunci dari keberhasilan adalah kesabaran, dan mengikuti tips – tips berikut saya bisa mendapatkan job lebih mudah.

  • Utamakan untuk memilih tema job yang anda kuasai, dan siapkan berbagai portofolio penulisan dengan berbagai tema, baik itu review product, kesehatan, teknologi, wisata, dll yang biasa anda kerjakan, sehingga memudahkan dalam meng-apply job tersebut, karena klien akan lebih cepat merespon pada freelancer yang memiliki pengalaman dalam membuat artikel dengan tema yang sama.
  • Untuk freelancer pemula, meng-apply job dengan budget rendah dibanding jumlah artikel yang di request mungkin sah – sah saja, namun jangan terlalu sering, karena anda sendiri akan merasa terbebani dalam menyelesaikannya, bahkan berefek pada penawaran berikutnya.
  • Cukup ambil sesuai budget yang ditawarkan klien, atau jika merasa terlalu rendah dapat anda dinaikkan sedikit saat sudah mendapat respon dari klien.
  • Ketika tema, struktur, dan harga sudah tersepakati, jangan pernah lupa untuk menanyakan deadline, sehingga anda dapat menentukan batas artikel yang dapat anda lakukan dalam 1 hari.
  • Ketika anda sudah merencanakan waktu pengerjaannya, jangan pernah molor walau sehari pun, misalnya anda sedang malas dan akan membuat lebih di hari berikutnya, karena hal itu membebani anda, dan berimbas pada kecewanya klien.
  • Aktifkan selalu notifikasi Sribulancer melalui email, sehingga anda selalu update dengan instruktur terbaru dari klien jika menginginkan revisi, dan jika ada revisi, usahakan untuk menyelesaikannya dalam sekali jalan.
  • Bertanya tentang tema yang kurang mengerti sangat diharuskan, dan usahakan anda memahami keinginan klien terhadap job yang ditawarkan, dan jangan sungkan bertanya jika artikel yang anda buat sudah sesuai atau belum dengan ekspektasi dari klien.
  • Freelancer yang responsif dan bekerja cepat adalah yang selalu klien cari.

jasa penulis artikel berkualitas


Menulis Jadikan Sebagai Hobby

Ketika anda sudah berhasil dalam mengerjakan job dengan maksimal, tentunya feedback dari klien terhadap hasil dari pengerjaan kita akan menjadi moment yang selalu ditunggu – tunggu, seperti menerima 5 tanda bintang dan kata – kata kepuasan.

Feedback yang bagus dari anda juga memberi image yang positif dimata klien, sehingga klien tidak akan sungkan untuk menawarkan anda langsung untuk job – job kedepannya. Bahkan belakangan ini saya lebih banyak menerima penawaran job dari klien dibanding saya meng-apply langsung.

Sebagai freelancer, mungkin kita akan selalu ingin mendapatkan job dengan harga lebih tinggi, terutama jika sudah mendapatkan pengalaman dan klien – klien baru, pasti rasa untuk menolak job dari klien lama yang menawarkan harga lebih rendah semakin tinggi.

Namun perlu diingat, jika tetap menjaga hubungan yang baik dengan semua klien adalah kunci kesuksesan sebagai seorang freelancer. Jika anda terlalu sibuk dengan deadline job yang berdatangan, maka menolak beberapa job juga bukanlah ide buruk, dibanding anda harus memaksakan diri menerima semuanya. Karena berdasarkan pengalaman, itu akan membuat pengerjaan job anda kurang maksimal karena mengejar waktu.

Jika harus menolak, beri alasan yang masuk akal dan penuh kesungguhan kepada klien, dengan harapan dapat mengundurkan sedikit deadline pengerjaan sehingga tidak terbentur, atau jika tidak, beri pengertian kalau kerja sama dengan anda akan available kembali di job selanjutnya.


Mau Kerja Bareng Debby?


Sebagai freelancer, jangan jadikan menulis sebagai suatu pekerjaan, tetapi tanamkan bahwa menulis merupakan hobby yang hanya rutin dijalankan.

Dengan mindset itu, anda akan lebih mudah menerima job dengan deadline yang padat untuk kedepannya.

Rendy Andriyanto
Follow Me: