Belajar SEO, Apa Itu SEO, Pengertian dan Dasar SEO

Anda punya bisnis yang ingin go online? Pahamilah tentang digital marketing, khususnya belajar SEO. Kenapa? karena strategi digital marketing tidak akan lengkap tanpa teknik SEO. Sebagai sebuah strategi pemasaran, SEO adalah wajib hukumnya.

“Wah, saya tidak paham SEO. Apakah masih mungkin untuk belajar SEO dari awal?”

Tenang.. belajar SEO sangat mudah dan bukan sebuah mimpi buruk, kok.

Tidak ada kata terlambat untuk yang mau belajar. Panduan ini akan mengupas dasar-dasar SEO dan bagaimana kalian bisa menerapkannya ke dalam konten yang kalian buat agar dapat memenangi persaingan di dunia online dan menjadi yang pertama di halaman Google.

Jadi, buat kalian yang masih bingung apa itu SEO dan tidak tahu harus memulai dari mana, kalian berada di halaman yang benar!

belajar seo

Photo doc: searchengineland

Apa itu SEO?

Pernahkah kalian mencari buku di perpustakaan? Misal, kalian ingin mencari buku tentang berkebun. Petugas perpus akan menanyakan hal yang lebih spesifik, “Buku tentang teknik membuat pot bunga atau teknik menanam bunga?”

Setelah itu, petugas akan membantu mencarikan buku yang kalian mau lewat database perpustakaan. Hanya selang beberapa detik saja, petugas sudah menemukan buku ‘teknik membuat pot bunga’ dan memberitahu kalian dimana letak buku tersebut.

Kira-kira seperti itu perumpamaan tentang SEO…

Selain mudah dicari di internet, SEO yang bagus juga dapat memperkuat brand identity bisnis Anda.

Penjelasan lebih detailnya seperti ini…

 

SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan sebuah strategi agar konten yang dibuat bisa muncul di halaman pertama di Google.

Ibarat anak tangga, SEO adalah anak tangga yang pertama kalian pijak agar bisa menuju ke puncak kesuksesan digital marketing.

Ide bisnis kreatif baru yang seperti apapun, bisa dikenal banyak orang berkat teknik optimasi SEO.

apa itu seo

Photo doc: businessplusng

Pentingkah muncul di halaman pertama Google?

Sebelum kita menjawab pertanyaan diatas, mari kita jabarkan manfaat SEO.

1. Meningkatkan traffic ke website atau akun pribadi

Salah satu kunci penghasilan sebuah website adalah jumlah visitor-nya. Agar website kalian dikunjungi banyak orang, website tersebut perlu keywords yang ditargetkan untuk bisnis kalian. SEO membantu mendongkrak online presence sebuah konten.

 

2. Meningkatkan penjualan

Dengan meningkatnya traffic ke website kalian, artinya website kalian ramai pengunjung. Semakin ramai, semakin besar kemungkinan untuk membeli jualan kalian.

Jadi, website kita penting atau tidak untuk muncul di halaman pertama Google?

Penting sekali!!

Dengan teknik SEO yang efektif, bukan kalian yang mencari konsumen, tapi konsumen-lah yang menemukan kalian.

Sebelum masuk ke bagian yang lebih advance mengenai digital marketing, ada baiknya belajar SEO dimulai dari level paling dasar. Berikut adalah beberapa poin penting tentang SEO yang perlu kalian pahami sebagai pemula.

Jasa SEO Berkualitas

Dasar-dasar SEO

Ada beberapa hal dasar yang wajib kita ketahui saat ingin mempelajari SEO lebih jauh.

Daftar isi:

  1. Keywords
  2. Link building
  3. Optimasi website
  4. On page SEO
  5. Off page SEO

1. Keyword

Misal, kalian memiliki bisnis wedding organizer yang berada di Yogyakarta. Untuk memudahkan calon client mencari bisnis kalian, kalian bisa memakai keywords yang relevan dengan bisnis ini. Keyword yang bisa dioptimalkan tentunya “wedding organizer”. Namun keyword ini punya kelemahan terlalu luas cakupannya karena di kota lain juga pasti ada bisnis serupa.

dasar seo

Photo doc: giphy

Apa yang harus kalian lakukan?

Kalian bisa menjabarkan keyword tersebut agar lebih panjang dan lebih spesifik. Keyword yang panjang ini namanya ‘longtail keyword’ yang terdiri dari tiga atau lebih kata kunci.

Lalu apa saja longtail keyword dari ‘wedding organizer’?
“Wedding organizer di Yogyakarta”

atau

“WO Yogya bagus”

Keyword di atas memiliki unsur SEO lokal yang lebih tertarget pada calon mempelai yang memang mencari wedding organizer di Yogya.

Keyword atau kata kunci bisa didapatkan dengan melakukan riset. Beberapa tools yang bisa dipakai untuk mencari kata kunci sesuai niche yaitu Google Keyword dan Alexa. Tools tersebut juga dapat menampilkan data statistik jumlah pencarian sebuah kata kunci.

contoh seo bagus

Photo doc: buykuyhere

Sekedar tips, pakailah kata kunci yang masih sedikit dicari karena disitu kalian bisa mengoptimalkan konten untuk segelintir audience (yang sudah pasti memerlukan informasi yang kalian bagikan).

 

2. Link building

Selain menempatkan kata kunci yang relevan dalam konten, kalian juga harus menautkannya ke link-link yang relevan dengan topik tersebut. Misalnya kalian ingin menulis tentang tips mempersiapkan resepsi pernikahan di Yogyakarta. Selain memberikan informasi seputar topik tersebut, kalian bisa juga menambahkan backlink ke situs-situs lain yang terpercaya. Misalnya, ke website vendor catering pernikahan di Yogya atau tempat-tempat bagus untuk honeymoon di Yogya.

mengenal backlink

Photo doc: nicemarket

Penempatan link yang relevan bisa meningkatkan traffic ke website kalian dan akhirnya menaikkan ranking di mesin pencari Google.

 

3. Optimasi website

Bayangkan kalian berkunjung ke sebuah toko swalayan untuk membeli minuman dingin. Kalian membuka kulkas swalayan lalu mulai mencari dimana letak minuman tersebut. 10 detik berlalu, kalian tidak juga menemukan minuman yang diinginkan. Lalu, kalian menutup kulkas kembali dan berusaha bertanya kepada penjual. Ternyata kalian mengalami kesulitan untuk bertemu penjual. Akhirnya kalian pun beranjak pergi dari toko.

Cara kerja website hampir sama dengan toko swalayan tersebut. Jika kita menata tab-tab nya berdasarkan kategori yang benar dan membuat navigasinya mudah untuk pengunjung, merekapun memiliki pengalaman yang menyenangkan mencari informasi yang ada di dalam website tersebut.

Rata-rata pengunjung akan meninggalkan website jika dalam waktu lima detik mereka tidak menemukan apa yang mereka cari – entah itu contact number, produk favorit atau apa saja keperluan mereka. Jadi, jika website kalian ‘berserakan’… pengunjung tak akan ragu untuk pergi secepat itu, lho!

Strategi SEO membantu mewujudkan ‘toko swalayan’ yang dapat mendatangkan banyak pengunjung sehingga para pengunjung itu berpotensi untuk jadi konsumen loyal kalian.

jasa digital marketing

4. On page SEO

On-page SEO adalah optimasi pada tampilan di layar. Jadi, on-page SEO bisa dikatakan pencitraan yang bakal dilihat oleh pengunjung website kalian. Komponennya ada banyak, mulai dari keywords yang dipakai hingga kualitas konten itu sendiri.

pengertian seo

Photo doc: seoclerkgo

Secara garis besar, sebuah artikel yang teroptimasi dengan baik memiliki judul dan konten yang mengandung keyword-keyword relevan.

Kesuksesan on-page SEO bisa diukur dari berapa lama seseorang menyimak konten tersebut. Sampai habis kah atau hanya melewati 5 detik dan pindah ke halaman lain? Berapa banyak konten tersebut dibagikan juga menjadi indikasi kesuksesan on-page SEO.

Menurut Forbes, keyword tetap penting namun relevansi jauh lebih penting untuk menentukan kualitas sebuah konten. Saat ini algoritma Google sudah sangat cerdas dalam menganalisa apakah sebuah konten itu berguna untuk pembaca.

Jika kalian masih belum paham konten-konten seperti apa yang bermanfaat, mulailah dengan pemikiran sederhana ini:

  • Carilah masalah di niche yang kalian geluti
  • Temukan solusi untuk permasalahan itu
  • Mulailah menulis

 

5. Off-page SEO

Lain dengan on-page SEO, off-page SEO adalah SEO dibalik layar dan berhubungan dengan anchor text, penamaan image, link building dan semacamnya.

Saat kalian menggunakan image untuk konten, pastikan kalian sudah menamai ulang setiap file-nya dengan keyword yang relevan. Image GIF dan JPEG harus mengindikasikan topik yang kalian tulis. Jadi, jangan lagi menggunakan IMG12345.jpg untuk foto-foto yang kalian pakai di website.

Kualitas link yang ditaut pada artikel yang kalian buat juga berpengaruh terhadap ranking website di Google. Berikut adalah beberapa rekomendasi ciri-ciri website yang terpercaya:

  • Website-website besar dan populer seperti Forbes.com, Detik.com, dan sejenisnya
  • Website yang memiliki domain .edu atau .gov
  • Website yang memiliki kesamaann niche pada bisnis kalian

Tips untuk kalian yang memulai dari nol. Kalian bisa mulai share konten-konten ke akun sosmed pribadi kalian atau akun sosmed untuk bisnis yang sudah dibuat.

Memangnya Google sepintar itu?

Banyak yang bilang, Google itu mirip alien yang tahu gerak-gerik aktifitas website kita dan tidak segan untuk mem-blacklist halaman kita jika ketahuan memakai cara menaikkan ranking dengan tidak sportif. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan disukai atau dibenci oleh Google tentang website kalian:

  • Agar teknik SEO digunakan dengan bijak oleh para digital marketer, Google menggunakan sistem penalti bagi konten-konten yang terlampau lebay dalam memasukkan keyword dan link ke website-website yang kurang bermanfaat (low authority).
  • Google bakal suka banget dengan image yang deskriptif – karena membantu mereka dalam mengindeks konten kalian, apakah layak untuk dinaikkan ranking-nya.
  • Semakin banyak interaksi dengan website kalian, Google akan menganggapnya sebuah prestasi yang patut diberi peringkat lebih tinggi.
  • Google senang dengan konten yang fresh dan website yang diupdate secara berkala. Ini menandakan ada kehidupan di website tersebut. Sekedar tips singkat yang saya baca di Hubspot, website yang memiliki 16 postingan baru tiap bulannya bisa meningkatkan traffic hingga 4 kali lebih banyak dibandingkan website yang postingan-nya hanya 4 kali sebulan.

Apakah itu saja cukup untuk menaikkan ranking?

Tidak.

Meski keyword, link building dan update konten sangat penting, saat ini mesin pencari seperti Google juga mempertimbangkan (dan mengedepankan) website dengan konten yang unik (fresh dan berkualitas). Bukan hanya menilai dari keyword yang ada tetapi juga seberapa bermanfaat-kah sebuah blog untuk pembacanya.

Lalu, cara mengukur manfaat sebuah konten?

Ada banyak cara mengukur kesuksesan sebuah konten, beberapa diantaranya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

  • Berapa kali konten tersebut dibagikan lagi oleh pembaca?
  • Berapa kali konten tersebut dijadikan backlink oleh website lain?
  • Berapa kali konten tersebut dibagikan lewat sosial media?
  • Apakah konten tersebut meningkatkan jumlah konsumen?
  • Apakah konten tersebut mendapat feedback dan komentar dari pembaca?

Belajar SEO adalah belajar menyadari bahwa….

1. Pembaca adalah raja

Trik sederhana yang bisa menaikkan ranking website adalah dengan memberikan apa yang disukai pembaca. Tentukan dahulu, tema apa yang ingin kalian bagikan kepada pembaca? Berita informatif kah? Hiburan kah? Saat ini Google algorithm sudah sangat cerdas dalam memilah-milah konten mana yang bermutu dan konten mana yang tidak.
Jangan dikira Google tidak tahu konten mana yang memang informatif, ya!

 

2. Membuat konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas akan mendapatkan tempat di hati pembaca. Untuk itu, kualitas amat sangat penting untuk memastikan si pengunjung akan datang lagi ke website kalian. Artikel yang teroptimasi dengan baik, misalnya, akan memiliki judul yang mengandung keyword; dan subtitle-nya dalam bentuk poin-poin yang mudah dicerna oleh Google. Itu contoh sederhana saja.

Jadi, mulailah dengan membuat konten faktual yang bermutu, baru memasang keywords disana-sini untuk keperluan on-page SEO. Setelah membuat konten yang bermanfaat, kalian bisa menggunakan jasa IT untuk mengoptimasi off-page SEO di website kalian.

Belajar SEO tidak berhenti sampai disini

Google dan altgoritmanya akan terus berevolusi dan bertambah cerdas. Itu sebanya Anda harus selalu belajar seo setiap hari. Dulu, SEO lokal tidak diperhitungkan tetapi kini strategi SEO lokal sangat dianjurkan pemakaiannya. Tahun ini, artificial intelligence Google mampu mengevaluasi konten berdasarkan jarak untuk menentukan ranking. Dan bisa mendeteksi apakah halaman website kalian sudah memiliki format yang benar. Hal yang bahkan lima tahun lalu tidak diperhitungkan, kini berubah drastis menjadi salah satu teknik yang wajib pakai.

 

Hasil SEO tidak instan!

Hasil SEO memang tidak langsung terlihat. Sama seperti meraih kesuksesan, yang instan akan cepat tenggelam. Ya, kan?

Jadi, jangan patah semangat dalam belajar SEO dan mengaplikasikannya. Selamat mencoba!

Rendy Andriyanto
Follow Me: