4 Tips Membuat Website Toko Online yang Ramai Pembeli

Apakah kalian sudah siap untuk membuka sebuah toko online untuk menjalankan bisnis?

Sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu, dan semua dimulai dari memahami apa itu website toko online? Apa manfaat yang bisa kalian dapatkan darinya? Bagaimana cara membuat toko online? Apakah ada tips-tips yang bisa membuat website toko online menjadi ramai pembeli?


Apa itu Website Toko Online?

Website toko online adalah tempat dimana kalian menawarkan barang atau jasa kepada para calon pembeli. Disinilah kalian akan berinteraksi dengan calon pembeli melalui dunia maya. Sebagai analogi, website ini adalah sebuah bangunan toko dimana penjual memajang seluruh barang jualan mereka agar para pengunjung bisa bebas memilih barang yang mereka sukai.

Mengapa kalian perlu membuat toko online seperti ini dan tidak menggunakan metode penjualan secara konvensional berupa sebuah toko dalam bentuk fisik di dekat tempat tinggal kalian?


Karena toko online menawarkan begitu banyak kelebihan yaitu:

  • Tidak membutuhkan tempat khusus seperti toko pada umumnya, yang artinya kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sewa, perawatan, gaji pegawai, dan lain sebagainya.
  • Dapat menjangkau calon pembeli dari daerah bahkan negara lain
  • Dapat dioperasikan dimanapun kalian berada, dan berbagai keuntungan lain

Cara Membuat Toko Online

Sebagai permulaan, kalian bisa memilih untuk bergabung di salah satu situs jual beli online sebagai bentuk uji coba. Kalian bisa menawarkan produk pilihan melalui situs jualan online untuk melihat respon pasar terhadap propuk serta melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

Bila respon pasar terlihat menjanjikan dan usaha kalian mulai berkembang, saatnya untuk membuat sebuah toko online pribadi.

Bagaimana cara membuat toko online?

Ada 2 pilihan yaitu:

 

Menggunakan online store builders

Online store builder untuk membuat toko online

photo doc: noeticfroce.com

Online store builders seperti Shopify dan BigCommerce memudahkan pengguna dalam membuat sebuah situs jualan  online. Para pengguna hanya perlu mendaftar dan membayar biaya yang dibutuhkan sebelum mulai menjual sesuatu.

Online store builders ini akan mempermudah berbagai aspek penjualan online dimana mereka membiarkan para pengguna untuk melakukan perubahan terhadap template yang ada untuk memberikan sentuhan pribadi, membantu dalam proses pengiriman barang, membantu untuk menghubungkan beberapa jenis sistem pembayaran,  menyediakan domain, bertindak sebagai web host, dan membantu dalam penyediaan sertifikat keamanan SSL.

Semua hal sangat dimudahkan dengan penggunaan online store builder sehingga tidak heran bila banyak orang yang memilih untuk menggunakannya.

 

Membuat website kalian sendiri

Mengapa perlu membuat website sendiri dan tidak menggunakan online store builder?. Website seperti ini dapat didesain sesuai dengan keinginan dan akan memberikan manfaat yang sangat besar dalam proses branding.

Branding dengan toko online

photo doc: wix.com

Proses membuat situs jualan online seperti ini lebih rumit bila dibandingkan dengan pilihan sebelumnya, namun memiliki keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh yang lain.


Mau bikin website tapi belum bisa bahasa pemrograman?

#JanganBikinSusah


Tahap-tahap Pembuatan Website Toko Online

Oke, sekarang kita akan membahas tahap-tahap pembuatan website toko online. Proses pembuatan toko online, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih antara penggunaan online store builder atau custom build website
  • Memilih domain yang relevan dan menjual
  • Memilih web host yang terpercaya
  • Pergunakan sertifikat SSL untuk menjamin keamanan konsumen
  • Sediakan beberapa metode pembayaran untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang beragam
  • Kustomisasi website agar terlihat lebih menarik
  • Penambahan produk dengan melibatkan 3 aspek penting yaitu deskripsi produk, gambar atau foto yang menarik, serta kategori produk untuk memudahkan pencarian
  • Optimalisasi prosedur pengiriman produk
  • Final test

15 Pilihan Cara Bisnis Online yang Bisa Merubah Hidup Kalian

Ini adalah panduan alternatif bagi Anda yang belum memiliki ide bisnis online. Mulai dari ide bisnis online paling kecil hingga paling besar, semuanya bisa dijalangkan dengan mudah dan menguntungkan mulai dari sekarang.


Tahap #1: Memilih antara menggunakan online store builder atau membuat website kalian sendiri.

Model seperti apa yang akan kalian pilih tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Untuk online store builder, kalian bisa memulainya sendiri. Namun untuk proses branding, lebih baik untuk membuat website kalian sendiri.

Manfaatkan berbagai panduan yang akan membantu kalian dalam membangun sebuah website misalnya saja panduan mengenai bahasa pemrograman, penjelasan tentang domain, web hosting, dan lain sebagainya.

Bila kalian merasa kesulitan, pergunakan jasa pembuatan toko online yang saat ini tersedia dengan luas.

 

Tahap #2: Memilih domain

Domain untuk toko online

photo doc: rjinfosft.com

Domain adalah nama yang akan tercantum URL yang mengidentifikasikan nama toko. Bila kalian membuat sebuah toko fisik, maka domain adalah nama toko tersebut.

Pilih nama domain yang unik dan mudah diingat. Selain itu, hindari penggunaan sub-domain bila kalian menggunakan jasa online store builder karena hal ini akan menurunkan kredibilitas toko online itu sendiri.

 

Tahap #3: Memilih web host

Lakukan riset kecil untuk memilih host yang sesuai dengan kebutuhan. Bandingkan antara satu host dengan yang lainnya dalam hal harga, fitur, reputasi, jenis pelayanan, dan lain sebagainya.

Memilih web hosting untuk toko online

photo doc: pinterest.com

 

Tahap #4: Sertifikat SSL

Sertikat SSL merupakan sertifikat keamanan yang menjamin keamanan data para pengguna. Para pengunjung website akan melihat website ini dalam bentuk HTTPS. Bila pengunjung merasa aman, maka besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian.

Pada umumnya, online store builder sudah menyediakan sertifikat SLL, pilihan domain, serta web host untuk memudahkan pengguna.

SSL Certificate untuk jaminan keamanan toko online

 

Tahap #5: Memilih jenis atau metode pembayaran

Sediakan beberapa metode pembayaran bagi calon konsumen. Anda dapat menggunakan PayPal, kartu kredit, internet banking, atau metode pembayaran lain untuk membuat konsumen merasa lebih nyaman.

Ragam pilihan metode pembayaran dalam toko online

photo doc: ecom-support.lightspeedhq.com

 

Tahap #6: Melakukan kostumisasi website

Tersedia berbagai contoh desain website yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Website toko online adalah sebuah showroom untuk memajang semua produk, jadi pastikan untuk memilih desain yang terbaik, yang mampu mencerminkan nilai yang hendak kalian usung dan perkenalkan kepada masyarakat.

Kustomisasi ini dapat dilakukan dalam berbagai hal misalnya dengan menambahkan logo, slogan, menggunakan font khusus, penggunaan warna khusus, penggunaan template tertentu, atau dengan menambahkan fitur-fitur seperti peta, galeri, pilihan bahasa, atau fitur-fitur lain.

Kustomisasi sebagai upaya pengembangan website toko online

photo doc: teampages.com

 

Tahap #7: Menambahkan produk

Setelah semua siap, saatnya untuk memasukkan produk ke dalam website tersebut. Dalam setiap produk, tambahkan beberapa keterangan lain seperti nama, jenis, harga, ukuran, dan warna.

3 elemen penting yang tidak boleh dilupakan adalah deskripsi produk, gambar, serta kategori.

Buatlah deskripsi produk yang menarik dan mampu mendeskripsikan produk sebaik mungkin. Hindari penggunaan slogan atau hal-hal yang kurang perlu dalam mendeskripsikan sebuah produk.

Sertakan gambar yang menarik dan berkualitas tinggi untuk setiap produk. Sertakan fitur zoom yang memudahkan konsumen untuk bisa melihat lebih detail tentang produk tersebut. Selain itu, pastikan setiap gambar memiliki ukuran yang sama sebagai bentuk konsistensi.

Bagaimana dengan kategori? Kategori akan memudahkan konsumen dalam menemukan barang yang mereka cari. Sebagai contoh, kalian menjual pakaian pria dan aksesoris. Untuk jenis produk seperti ini, kalian bisa membuat kategori seperti atasan, bawahan, pakaian dalam, dan aksesoris.  Sebaiknya hindari penggunaan kategori dalam jumlah besar yang justru akan membingungkan konsumen.

 

Tahap #8: Proses pengiriman

Dalam hal ini, ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu metode pengiriman serta biaya pengiriman.

Untuk metode pengiriman, tawarkan beberapa metode kepada konsumen. Pada umumnya ini berkaitan dengan agen pengiriman yang dipergunakan. Pilih agen yang terpercaya dalam hal ini.

Untuk biaya pengiriman, ada beberapa pilihan yang bisa kalian tawarkan kepada konsumen, misalnya biaya pengiriman gratis untuk daerah atau jumlah pembelian tertentu, biaya pengiriman dengan nilai yang sama terlepas dari jenis produk, pemberian informasi secara real time mengenai total biaya pengiriman, atau bisa juga dengan memberikan diskon biaya pengiriman sesuai dengan jumlah pembelian tertentu.

 

Tahap #9: Tes dan uji coba

Hal-hal yang perlu kalian perhatikan dalam tahap akhir ini adalah:

  • Apakah semua fungsi dan fitur dalam website tersebut bekerja dengan baik? Lakukan pengecekan terhadap masing-masing fitur yang ada misalnya semua link bekerja dengan sempurna serta navigasi yang mudah
  • Apakah proses checkout berjalan dengan sempurna? Cara paling mudah untuk mengecek hal ini adalah dengan melakukan pembelian untuk sebuah produk. Lakukan pengecekan pada harga, diskon, apakah biaya pengiriman sudah sesuai, pajak, apakah metode pembayaran yang dimasukkan berfungsi dengan baik, serta berbagai pilihan lain.
  • Kecepatan loading. Bagaimana dengan kecepatan loading? Apakah masih terlalu lambat? Jika ya, apa saja yang bisa kalian lakukan untuk menambah kecepatannya? Jangan sampai konsumen bosan menunggu proses loading yang terlalu lama
  • Apakah website ini bisa diakses secara mobile dengan berbagai jenis browser yang berbeda? Saat ini sebagian besar konsumen berbelanja online melalui smartphone. Pastikan bahwa website toko online ini tersedia dalam versi mobile. Lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa website tersebut bisa diakses dengan menggunakan browser yang berbeda. Bila ada masalah pada salah satu browser, segera lakukan perbaikan.

Proses ini memang terlihat cukup panjang dan rumit. Untuk memudahkan, pergunakan jasa pembuatan toko online seperti yang bisa kalian dapatkan melalui Sribulancer.

Sribulancer merupakan platform yang menghubungkan antara freelancer yang menyediakan jasa buat website murah dengan mereka yang membutuhkan. Bila kalian membutuhkan seseorang untuk membuat website toko online, kalian bisa menggunakan Sribulancer. Para freelancer akan melakukan penawaran dan kalian bisa memilih freelancer terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Biaya pembuatan website bisa dinegoisasikan sesuai dengan budget yang tersedia untuk kenyamanan semua pihak, baik dari pihak klien dan freelancer.

Bila kalian masih ragu dalam memilih freelancer terbaik, pelajari lebih lanjut mengenai tips memilih jasa pembuatan website ini.


Masih ragu?

#JanganBikinSusah


Tips Agar Toko Online Ramai Pembeli

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk memperkuat daya saing website toko online kalian:

  • Manfaatkan media sosial

Manfaatkan media sosial untuk mempopulerkan toko online kalian.  Media sosial merupakan salah satu alat yang mampu membawa kalian lebih dekat dengan konsumen. Jangan lupa pula untuk memasukkan media sosial dalam website agar kalian dapat lebih mudah berinteraksi dengan konsumen.

  • SEO

Pelajari segala sesuatu mengenai SEO mulai dari konten yang berkualitas, internal link, multimedia dan aplikasikan dalam website kalian. Dengan teknik SEO yang baik, website toko online kalian akan dapat lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen

  • Tampil unik dan beda

Tampil unik dan beda akan membuat website tersebut menonjol diantara para kompetitor.

Bagaimana cara melakukannya?

Kalian bisa memainkan aspek desain website itu sendiri, membuat konten yang unik dan kreatif, memanfaatkan video, menggunakan slogan yang menggelitik, dan lain sebagainya.

  • Customer service

Konsumen adalah raja, jadi layani mereka dengan baik. Berikan komentar untuk setiap tanggapan yang ada, layani kritik dengan baik, tawarkan solusi untuk masalah yang muncul, serta respon yang cepat dan tanggap.

Read previous post:
ferrylin-blog
Ferrylin: Cerita dari Freelancer of The Month Content Writer

Saya mulai freelancing di bulan Januari 2017. Awal mulanya tertarik karena bisa bekerja sesuai dengan jadwal yang lebih fleksibel (dan...

Close