15 Pilihan Cara Bisnis Online yang Bisa Merubah Hidup Kalian

Mengapa sih kita perlu tahu cara bisnis online? jawabannya mudah

Karena konsumen sudah bergeser dari offline ke online.

Tidak percaya? Berikut ini data yang dikeluarkan oleh Google

Sebanyak 46 persen warga Indonesia mencari info produk secara online. Menurut Google, bahkan masyarakat yang gaptek pun 36 persen dari mereka kini lebih memilih membayar lewat ATM.

Masih menurut riset dari Google, warga Indonesia pada umumnya sudah beralih ke metode bayar online, baik itu internet banking maupun ATM.

Pak Jokowi sendiri pernah menyampaikan bahwa perubahan perilaku konsumen ini dapat menimbulkan pergeseran pola kerja. Apalagi sektor digital yang semakin lama semakin membuat semuanya lebih fleksibel. Artinya, sebuah bisnis yang dulunya mengharuskan kita membayar di kasir, kini bisa bayar lewat transfer, di rumah sendiri.

Saat ini bisnis online sudah naik kelasnya. Dari yang mulai diragukan hingga akhirnya diakui. Dan bisa mendatangkan banyak untung bagi yang mau (dan mau tahu) cara memulainya.

Ah tapi saya tidak punya laptop.

Lho, siapa bilang harus punya?

Cukup berbekal smartphone dan internet saja kalian sudah bisa memulai.

Yup, as simple as that!

Tidak seperti usaha konvensional yang butuh tempat dan modal besar, bisnis online memiliki keuntungan lebih banyak bagi pemiliknya. Cukup dengan selangkah, dua langkah saja, kalian sudah bisa memulai bisnis ini. Salah satu contoh nyata dari cara bisnis online yaitu dengan mendaftarkan diri di berbagai platform toko online.

Saya yakin, kalau kalian sudah mau meluangkan waktu untuk membaca artikel ini – itu artinya kalian benar-benar ingin memulai sebuah bisnis online yang dapat merubah hidup kalian.

 

1. Virtual Assistant

Dengan semakin menjamurnya bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah, para pelaku bisnis pun mencari admin atau asisten yang juga bisa kerja di rumahnya sendiri. Virtual Assistant adalah salah satu cara bisnis online yang bisa mendatangkan keuntungan.

Biasanya, pekerjaan ini hanya membutuhkan kalian untuk standby di depan laptop dalam kurun waktu tertentu dan menyelesaikan tugas yang diperintahkan oleh si bos baru kemudian membuat laporan.

memulai bisnis online virtual asisten

Sumber: alexkhan.tv

Percakapan pun bisa dilakukan via Skype atau Whatsapp. Pekerjaannya cukup beragam mulai dari melakukan riset di Google, book keeping, atau me-manage sebuah website. Ketentuannya pun tidak harus spesifik tapi paling tidak kalian harus teliti dan rajin.

 

2. Dropshipper

Untuk bisnis yang satu ini, kalian tidak perlu membuat website dan stok barang di gudang. Cukup menjadi dropshipper saja.

Apa itu drop shipper?

skema cara menjadi reseller

Sumber : google

Jadi begini…

Jika kalian menjadi drop shipper, kalian tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Kalian cukup membuat akun di toko-toko online kemudian mencari supplier produk tertentu dan menjualnya ke pembeli.

Tidak perlu repot membuat foto produk karena biasanya sudah disediakan oleh si supplier. Tingal comot aja.. Asal sudah ijin ya!

Terus, saya dapat untung dari mana?

Sesuai kesepakatan drop shipper dengan supplier, kalian bisa me mark-up harga ke pembeli. Dan setelah pembeli melakukan pembayaran, barulah drop shipper membayar supplier.

Berbeda dengan reseller yang harus stok barang dulu, menjadi dropshipper bisa dibilang kalian tidak punya stok barang. Jadi tidak rugi, kan?

Pelajari rahasia menjadi Dropshiper berikut ini untuk lebih jelasnya

10 Panduan Jitu Cara Menjadi Reseller Sukses Modal Kecil

Menjadi seorang pengusaha bukan berarti kalian harus memproduksi dan menciptakan produk kalian sendiri. Mulailah dengan yang paling mudah, yaitu menjadi seorang reseller, bagaimana caranya agar sukses? Berikut 10 tips jitu cara menjadi reseller!

 

3. Menulis e-book

Merasa punya keahlian di bidang tertentu? Atau memiliki hasrat untuk sharing informasi kepada orang lain?

Membuat konten yang relevan dalam bentuk e-book bisa mendulang uang karena saat ini panduan online dalam beragam topik cukup diminati oleh masyarakat.

cara bisnis online membuat ebook

Sumber: Google

Buku elektronik, dengan format digital, jauh lebih murah dibandingkan dengan buku cetak. Oleh karena itu banyak netizen yang suka baca e-book karena lebih ringkas dan to thepoint. Halamannya pun berkisar antara 10-20 lembar.

Di Amerika sendiri, 6 dari 10 orang warganya mengaku membaca buku lewat gadget (tablet/smartphone)

Tapi saya tidak pandai menulis?

Jika punya pengetahuan tapi tidak bisa menulis, ada banyak content writer yang bisa di-hire untuk menulis dengan bahasa yang sangat menarik sesuai dengan tema yang kalian pilih. Mulai dari panduan ide bisnis online, resep masak, hingga cerita pendek.

 

4. Desainer grafis

Daripada pusing mau mendirikan studio design yang pastinya butuh modal banyak, kenapa tidak melirik cara bisnis online yang lebih gampang?

mulai bisnis online

Sumber: Majalahdesign

Infographics dan logo merupakan dua item yang sering dicari. Hal ini tidak lepas dari tren netizen yang sangat menaruh perhatian besar pada hal-hal yang berbau visual, menurut riset Hubspot.

Kemana saya harus mencari klien?

Ada banyak tempat yang dapat digunakan untuk memamerkan skill kalian dalam mendesain logo. Dan ada banyak perusahaan startup yang membutuhkan identitas diri/corporate branding.

Direktori seperti Sribu.com dan Sribulancer.com memiliki jumlah client dan freelancer yang sangat banyak. Sistem pembayaran per tugas akan memudahkan kalian untuk memilih project serta mengatur waktu jika memang masih bekerja full time di tempat lain.

 

5. Bisnis e-commerce

Google memprediksi Indonesia akan mendominasi 25 persen dari aktivitas e-commerce di Asia Tenggara. Riset yang dilakukan bersama Temasek ini memang masuk akal mengingat populasi Indonesia yang cukup besar dibandingkan negara-negara tetangganya.

Faktor pendukung lain yaitu distribusi barang yang makin lama makin dipermudah dengan dibangunnya infrastruktur modern hingga di pelosok negeri ini.

Cara bisnis e-commerce ini cocok juga untuk kalian yang sudah memiliki usaha konvensional dan membutuhkan ekspansi ke dunia online. Dengan membuat website toko online sendiri, kalian bisa merangkul lebih banyak netizen yang berpotensi menjadi konsumen tetap.

 

6. Jual aplikasi smartphone

Cara bisnis online yang satu ini khusus untuk kalian yang punya keahlian khusus tentang app developer. Anak-anak jurusan IT pasti familiar dengan pembuatan aplikasi untuk smartphone berbasis iOS atau Android.

jual aplikasi online

Sumber: meetingmediagroup

Apakah laku?

Kalau kalian membuka App Store atau Play Store, disana ada beragam kategori mulai dari game hingga Utilities – dimana tiap pengguna pasti kebutuhannya berbeda-beda. Kalian akan memperoleh uang jika seseorang men-donwload aplikasi buatan kalian.

Malas bikin apps?

Kalian bisa menyediakan jasa web developer atau app developer untuk orang lain yang sedang membutuhkan. Pekerjaan online yang satu ini sedang tren mengingat peminat smartphone sangat tinggi.


Gak ngerti coding? #JanganBikinSusah buat website bisnis kamu dengan freelancer andalan Sribulancer


 

7. Endorser/Influencer

Tidak cuma artis yang bisa di endorse, jika kalian punya base follower yang banyak, kalian bisa memulai bisnis endorse dan memasang tarif ketika ada sebuah produk yang ingin mengiklankan barangnya lewat posting-an kalian.

Tapi follower Instagram saya nggak banyak

Memang butuh waktu untuk membangun fanbase yang banyak tapi ini juga salah satu cara memulai bisnis online yang efektif. Pertama, postingan harus memiliki niche tertentu. Entah itu di bidang fashion, lifestyle, atau bahkan dunia hewan.

Memang banyak ya bisnis yang mau endorse orang awam?

Advertising seperti ini memang lebih efektif ketimbang mengiklankan barang di televisi karena target marketnya sudah pasti.

Ada ribuan niche unik di Instagram dan salah satu contohnya adalah pet endorsement. Foto-foto anjing yang lucu ternyata menarik hati para Instagrammers juga para pelaku bisnis.

marutaro bisnis online

Sumber: Instagram

Marutaro menjadi celeb-dog di Instagram dengan follower mencapai 2,7 juta. Endorsement yang diterima pun tidak melulu makanan anjing, tapi juga bantal, selimut dan syal! pelajari lebih jauh kekuatan buzzer di artikel kami : “mengenal apa itu buzzer, dan bagaimana pengaruhnya dalam mengembangkan bisnis

 

8. Konsultan SEO

Pekerjaan ini tergolong anyar. Mungkin baru booming sekitar 10 tahunan terakhir karena maraknya dunia online marketing.

Berarti SEO tugasnya anak IT? Berarti cuma anak IT yang ngerti?

Konsultan SEO tugasnya membuat website menjadi user-friendly. Baik itu dari segi konten maupun coding website-nya. Dari segi konten misalnya, sebuah blog bisa dibuat SEO-friendly dengan cara memasukkan keyword-keyword tertentu.

seo proses memulai bisnis online

Sumber: funnelsite.com

Di artikel ini juga kalian mendapati beberapa keyword ‘cara bisnis online’ dan ‘cara memulai bisnis online’ muncul disana-sini.

Yang dibutuhkan hanyalah riset keyword lewat Google analytics serta pemahaman tentang meta description, struktur URL dan beberapa hal lain yang sangat bisa dipelajari oleh orang awam.
Kalian bisa download e-book atau membeli tutorial SEO di toko buku.

 

9. Konsultan Sosial Media

Yup, tidak cuma pajak yang butuh konsultan. Kini banyak perusahaan yang membutuhkan teknik marketing terkini dengan memakai sosmed. Menariknya, tidak ada yang pakem di dunia marketing sosmed. Sebuah bisnis bisa saja membutuhkan Instagram tapi tidak butuh Twitter dan sebaliknya.

Sebagai konsultan sosial media, kalian membantu sebuah bisnis untuk menentukan konten apa yang menarik dan relevan, menentukan jadwal posting serta target audience mereka. Parameter kesuksesannya pun bisa bermacam-macam mulai dari jumlah follower yang nambah hingga konten yang jadi viral.

 

10. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu cara bisnis online yang populer
Program affiliate marketing dicari-cari oleh banyak situs online sebagai bentuk bantuan untuk mendatangkan visitor dari tempat lain.

Caranya gimana?
Ketika visitor mengunjungi website kalian dan meng-klik link yang membawa mereka ke website client, itulah proses affiliate marketing.

Gampangnya bisa dilihat di infographics di bawah ini.

mulai bisnis online

Sumber: 2012books.lardbucket.org

 

11. Penjual Kerajinan Tangan

Wah, cara bisnis yang satu ini, apa hubungannya sama internet yah?

Sebelum kita kesana, mari kita simak data berikut ini.

Mengutip dari Detik, di tahun 2014, tercatat ada dua produk Indonesia yang merajai pasar ekspor, kerajinan kayu dan anyaman. Nilai ekspornya mencapai 3 T di tahun 2013.

Kemudian di tahun 2016, ternyata jenis ekspor kerajinan semakin beragam, mulai dari kulit kerang, busana muslim, batu khas Borneo, serta kain tenun.

Itu yang nilainya besar.

Ada juga kerajinan tangan sektor UKM yang sering dicari di toko online. Mulai dari sandal handmade, dompet handmade, bahkan boneka handmade!

tas etnik bisnis online indonesia

Sumber: qlapa.com

Jika membuat kerajinan tangan adalah hobi kalian, kalian bisa membawa barang offline ini ke pasar online dengan memasarkannya via toko-toko online atau akun sosial media pribadi.

Di luar negeri, produk handmade memiliki pasar yang sangat berpotensi karena mereka sangat menghargai keunikan sebuah barang berkat esensi pengrajinnya. Studi bersama yang dilakukan oleh Universitas Munchen memperoleh data bahwa konsumen mau membayar 17% lebih mahal untuk produk handmade karena aspek ‘atraktif’.

 

12. Coaching

Menjadi guru tidak harus di kelas, kan?

Saat ini guru virtual yang memiliki pengetahuan spesifik juga dibutuhkan banyak orang yang tidak punya waktu untuk mengikuti kursus di tempat.

Apakah saya harus jadi sarjana dulu untuk bisa jadi coach?

Kalian pasti kagum dengan banyaknya niche pelatih virtual yang bisa kalian temukan. Pelatih Yoga, teknik makan yang benar, cara mengambil keputusan, hingga cara melepas stress.

cara bisnis online

Sumber: elitetrack.com

Apakah skill-skill tersebut butuh gelar sarjana?

Tidak selalu.

Saya rasa kalimat bijak yang mengatakan “Pengalaman adalah guru yang baik” itu sangat masuk akal.

Untuk menjadi seorang online coach, kalian hanya perlu memikirkan pengalaman pribadi apa yang berharga yang bisa di-sharing-kan ke pembaca.

Ah, ini sih sama saja dengan seorang konsultan…

Ada perbedaan mendasar antara seorang coach dan consultant. Seorang consultant mencari solusi untuk kita sedangkan seorang coach membantu kalian mencari solusinya sendiri lewat teknik-teknik yang sudah mereka terapkan pada dirinya sendiri.

 

13. Youtuber

Youtuber adalah sebuah profesi (yup, profesi!) dimana seseorang menghasilkan uang lewat video yang mereka unggah ke channel YouTube pribadi, dan memperoleh popularitas (subscribers dan duit) dari sana.

Reza Oktovian adalah salah satu contoh nyata penggemar game yang mendulang jutaan rupiah dengan meng-upload sesi-sesi main game dan konten random yang kocak di channel-nya.

mulai bisnis online youtubers

Sumber: designcomcafe.com

Siapa sangka? Kegemaran main game yang sebelumnya dianggap ngabisin duit, kini bisa menghasilkan duit, kan?
Sebagai salah satu Youtuber terpopuler di Indonesia, Reza mempunyai 1,8 juta subscribers.

Cara bisnis online sebagai video creator tidak mudah memang. Membangun follower-base yang besar membutuhkan keuletan dan kreatifitas. Tapi bukan berarti tidak bisa!

Syaratnya apa supaya ditonton, di-like dan di subscribe?

Pastinya harus menjadi diri sendiri dan menciptakan konten unik bermanfaat dan memiliki segmentasi sendiri.

 

14. Fotografer

Kemampuan untuk memotret juga bisa menjadi salah satu cara bisnis online. Situs-situs seperti Flickr, iStockPhoto dan Shutterstock adalah gudangnya uang bagi fotografer professional maupun amatir.

Dapat uangnya darimana?

Dengan mendaftar di website-website tersebut dan mengupload hasil jepretan kalian yang high-resolution.
Cathy Yeulet adalah fotografer yang mencetak uang hingga £6,000 untuk satu foto berlisensi yang ia jual.

Siapa yang cari?

Pertanyaannya salah!

Siapa yang mau bayar segitu untuk satu foto?

Stock photos adalah image berlisensi yang sering diburu oleh agensi marketing, pebisnis, dan banyak organisasi lain.

Lalu bagaimana bersaing dengan hampir 200 ribu contributor di Shutterstock misalnya?

Menurut Cathy, foto-foto yang laku keras biasanya memiliki tema edukasi, bisnis, lifestyle dan kesehatan. Kegiatan sehari-hari, foto alam dan foto candid lebih digemari.

 

15. Digital Marketing Strategist

Jika kalian merasa memiliki beberapa skill, misalnya, follower based yang banyak, memahami dunia digital dan sosmed, SEO, dan lain sebagainya, kalian bisa memulai membangun digital agency yang khusus menyediakan jasa pemasaran secara online.

Dapatkan jasa digital marketing berkualitas dari Sribulancer

Perusahaan lama maupun startup yang masih belum 100% paham akan dunia digital membutuhkan jasa digital marketing strategist untuk menciptakan konten-konten viral dan relevan dan meningkatan online visibility.

marketing cara bisnis online

Sumber: drvivianlee.com

Pekerjaannya mencakup banyak hal, mulai dari riset, teknik online marketing, serta target pasar. Namun seorang marketing strategist hanya memberikan garis besar strategi yang harus dijalankan sebuah perusahaan untuk mencapai goal tertentu. Serta membawahi beberapa anak buah yang punya tugas masing-masing.

Ada banyak cara memulai bisnis online yang tidak membutuhkan kalian untuk duduk lagi di bangku kuliah. Semua teknik ini bisa dipelajari bergantung passion dan minat seseorang. Jadi, sudahkah kalian siap untuk memulai bisnis yang merubah hidup?

Lengkapi pengetahuan kalian dengan membaca bab selanjutnya :

Panduan Jitu Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Start Bisnis

Panduan lengkap tentang cara riset pasar untuk melakukan analisa terhadap produk yang akan dijual serta mendapatkan kumpulan berbagai data dan saran yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide bisnis.

 

9 Rahasia Penting dalam Perencanaan Produk Baru yang Pasti Laris

Panduan lengkap dengan rahasia sukses dalam perencanaan produk baru yang sesuai dengan jenis kebutuhan dan target market. Dijamin 90% pasti laris.

 

7 Langkah Mudah Untuk Membangun Brand Identity yang Kuat Untuk Brand Kalian

Tidak ada perusahaan yang bisa sukses tanpa melakukan promosi identitas. Segala sesuatu yang terkandung dalam nilai brand harus dipersiapkan dari awal. Panduan ini akan membahas secar lengkap.

Adhitya Pratama

Adhitya Pratama

Creator of Dongengtravel.com | Digital Marketing at Sribu & Sribulancer
Follow Me: