8 Cara Membuat Artikel yang Menarik dan Indikator Kesuksesannya

Ada banyak peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Sebagian orang lantas mencatat lalu mempublikasikannya dalam bentuk tulisan. Sekarang ini di era digital, artikel-artikel tak hanya ditampilkan di media cetak saja tetapi juga meramaikan halaman-halaman website dan blog. Artikel menarik akan segera menyita perhatian pembaca dan tak lama kemudian dibagikan di media sosial lalu menjadi topik pembicaraan. Sebaliknya, artikel yang kurang menarik atau tidak menarik akan ditinggalkan.

Artikel yang menarik menjadi salah satu magnet kuat untuk meningkatkan traffic website atau lalu lintas pengunjung website kalian. Semakin banyak traffic, maka website kalian akan bertahan dan tumbuh. Sebaliknya, jika sebuah website jarang dikunjungi orang, maka website tersebut akan tenggelam di antara ribuan website lainnya. Nah, lantas bagaimana cara membuat artikel menarik dan apa saja indikator kesuksesannya? Simak penjelasannya berikut ini.


Cara Membuat Artikel Menarik

artikel menarik

photo doc: israelam.com

Dalam pembuatannya, artikel untuk website dan artikel untuk media cetak memiliki perbedaan. Perbedaan ini muncul karena karakteristik pembaca artikel di website dan karakteristik pembaca artikel di media cetak tidaklah sama. Pengunjung website mempunyai karakter tidak membaca artikel secara keseluruhan, melainkan membaca cepat atau scan.

Gaya hidup yang serba cepat juga membuat pengunjung website mempunyai waktu yang singkat untuk menyerap informasi. Kalian hanya punya waktu 8 detik saja untuk menarik perhatian mereka. Karena itu, buatlah artikel menarik agar pengunjung tidak meninggalkan website kalian dengan cepat.


8 hal yang harus kalian perhatikan untuk membuat artikel yang menarik:

  • Dimulai Dari Memilih Topik yang Tepat
  • Melakukan Riset Keyword
  • Lanjutkan Dengan Membuat Judul Artikel Menarik
  • Buat Deskripsi yang Menarik
  • Isi Artikel, Sajian Utama
  • Penutup Artikel yang Berkesan
  • Melengkapi Artikel Dengan Ilustrasi

1. Dimulai Dari Memilih Topik yang Tepat

Sebelum membuat artikel, temukan terlebih dahulu topik yang disukai dan dibutuhkan pembaca dari bidang penulisan yang kalian pilih. Menjadi nilai tambah yang sangat bagus jika kalian menemukan topik yang bisa bertahan lama atau selalu berguna setiap saat tanpa terpengaruh tren. Topik semacam ini dikenal dengan istilah topik evergreen.

 

2. Melakukan Riset Keyword

Untuk artikel-artikel yang hendak diposting di website dan blog, riset keyword atau riset kata kunci penting untuk dilakukan. Keyword atau kata kunci adalah kata-kata yang sering diketikkan pengguna internet untuk mencari informasi melalui search engine seperti Google. Riset keyword diperlukan untuk mengetahui keyword yang paling banyak dipakai orang khususnya pada bidang kalian.

Riset keyword bisa dilakukan dengan beberapa macam tool, salah satunya tool gratis Google Keyword Planner. Riset ini juga akan membantu kalian memperoleh ide-ide baru untuk penulisan artikel kalian. Google acapkali memberikan informasi mengenai keyword yang masih berkaitan dengan keyword yang sedang kalian riset. Sangat menarik, bukan?

Riset keyword juga dibutuhkan untuk keperluan Search Engine Optimization (SEO) dan mereka yang menjalankan bisnis untuk keperluan online marketing. Jadi, jika kalian memiliki website dan ingin banyak orang mengunjunginya setiap hari, maka kalian perlu melakukan riset keyword dan juga belajar SEO.


Jasa SEO Berkualitas


3. Lanjutkan Dengan Membuat Judul Artikel Menarik

Di internet, ada ribuan bahkan jutaan artikel diunggah setiap hari. Di antara begitu banyak artikel, judul artikel menjadi bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung website kalian, bukan? Dan ketika link artikel tersebut dibagikan di media sosial, judul artikel pula yang menjadi satu-satunya bagian artikel yang akan dilihat oleh pengguna internet.

Dari judul yang terlihat itulah, orang lantas akan memutuskan apakah akan membaca seluruh artikel atau meninggalkannya. Jika judul artikel tidak menarik dan tidak menggugah rasa ingin tahu, maka besar kemungkinan isi artikel tidak akan dibaca meskipun kalian telah membuat artikel dengan isi yang berkualitas.

Untuk itu, buatlah judul yang menarik untuk menunjukkan artikel yang kalian buat berbeda dengan artikel lainnya dan memuat isi yang berkualitas. Kalian bisa membuat judul dengan memasukkan angka, membuat judul berupa pertanyaan, memadukan penggunaan angka dan pertanyaan, atau menggunakan kata-kata yang membangkitkan perasaan tertentu seperti kepastian, empati, penasaran, terkejut dan perasaan lainnya. Berikut beberapa contoh judul artikel menarik dengan isi artikel yang padat berkualitas.

 

4. Buat Deskripsi yang Menarik

Melengkapi judul, buatlah deskripsi yang menarik. Deskripsi yang dimaksudkan adalah deskripsi penelusuran yang diisikan saat kalian mengunggah artikel di website atau blog. Deskripsi penelusuran ini biasanya tak lebih dari 300 kata. Buatlah deskripsi yang mampu meyakinkan dan menarik perhatian pembaca sehingga mereka terdorong untuk membaca artikel seluruhnya. Setelah melihat judul, deskripsi inilah yang selanjutnya akan dilihat dan menjadi bahan pertimbangan pembaca.


jasa penulis artikel berkualitas


5. Paragraf Pembukaan yang Menentukan

Tak hanya pada penulisan artikel untuk website saja, paragraf pembuka menjadi penentu untuk artikel yang dipublikasikan di mana pun. Hindari berbasa-basi pada paragraf pembuka ini. Sebaliknya, sodorkan sesuatu yang membuat penasaran. Ini memang bukan pekerjaan mudah. Kalian bisa jadi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat paragraf pembuka yang benar-benar menggigit.

Kalian bisa memulainya dengan sebuah pertanyaan atau pernyataan yang menohok. Atau kalian bisa langsung memberi penjelasan singkat tentang isi artikel. Intinya, buat pembaca ingin melanjutkan membaca paragraf-paragraf berikutnya.

 

6. Isi Artikel, Sajian Utama

contoh artikel menarik

photo doc: realmagnet.com

Tentu kalian pernah atau bahkan sering menemukan artikel yang lebih banyak berisi kalimat yang berputar-putar dan berulang-ulang. Sementara informasi inti yang hendak disampaikan ternyata hanya sedikit sekali. Dengan kata lain, bumbu kata-kata lebih banyak dari sajian utamanya. Artikel seperti ini sangat menjemukan untuk dibaca dan besar kemungkinan pembaca akan meninggalkannya sebelum tuntas membaca.

Karena itu, sebaiknya buat artikel yang benar-benar berisi ‘daging’ informasi.

Sodorkan fakta dan data yang berasal dari sumber terpercaya, misalnya hasil penelitian ilmiah, skripsi, laporan-laporan dan berita dari media informasi terpercaya. Usahakan untuk menggunakan lebih dari satu sumber informasi agar artikel yang kalian buat menjadi lebih lengkap dan kaya informasi. Jika memang data dan fakta yang kalian temukan sedikit, maka tak perlu membuat artikel yang panjang. Sesuaikan dengan data dan fakta yang ada sehingga artikel tidak berkesan bertele-tele.

 

7. Penutup Artikel yang Berkesan

Bagian penutup artikel seringkali diabaikan karena dianggap tidak penting. Padahal jika kalian berhasil membuat pembaca membaca sampai diakhir dan puas dengan informasi yang tersaji, bukan tidak mungkin tulisan kalian akan dibagikan dan semakin banyak orang yang akan membacanya. Untuk itu, buatlah penutup yang berkesan.

Jika di awal artikel kalian menyodorkan pertanyaan, maka berikan jawaban di bagian penutup ini. Sementara itu bila diawal artikel kalian memberikan pernyataan yang menohok, maka siapkan pertanyaan di akhir artikel. Dengan cara ini pembaca akan menyimak sampai di titik terakhir ibarat menyantap makanan di piring sampai tak bersisa!

 

8. Melengkapi Artikel Dengan Ilustrasi

photo doc: expandgh.com

Ilustrasi berupa foto atau infografis akan membantu memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel yang kalian buat. Selain itu, artikel yang panjang menjadi tidak terasa membosankan untuk dibaca bila dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Sebaiknya usahakan untuk menggunakan ilustrasi dengan resolusi tinggi dan berkaitan dengan isi artikel. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber ilustrasi jika kalian mengambilnya dari website lain.


Indikator Kesuksesan Artikel

Jika kalian sudah mencoba kedelapan cara membuat artikel yang menarik tersebut, lantas apa indikator kesuksesan artikel yang telah kalian buat? Salah satu cara untuk melihat tingkat kesuksesan artikel yang kalian buat adalah dengan memanfaatkan media sosial, misalnya saja Facebook. Jika artikel dibagikan di Facebook, kalian bisa melihat jumlah Likes, jumlah komentar dan berapa kali artikel tersebut dibagikan.

Sedangkan di website dan blog, kesuksesan artikel bisa dilihat dari traffic website yang terus meningkat, jumlah komentar pada artikel dan berapa kali artikel tersebut dibagikan oleh pembaca ke media sosial yang mereka gunakan. Kalian bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat jumlah pengunjung website setiap bulan, halaman yang paling banyak dikunjungi, asal pengunjung, dan informasi lainnya.

Dalam dunia bisnis, mengunggah artikel menarik menjadi salah satu strategi digital marketing. Artikel yang berkualitas di website kalian akan membangun kredibilitas, meningkatkan brand awareness dan juga keterikatan dengan pengunjung. Untuk keperluan bisnis khususnya mempromosikan produk atau layanan jasa, kalian bisa memadukan penggunaan artikel dan juga copywriting produk yang menarik. Gunakan jasa copywriting bila kalian kesulitan dalam membuat copywriting produk yang menarik dan efektif.


Bingung Mulai dari Mana? Butuh Artikel yang Berkualitas?

#JanganBikinSusah


Nah, sampai di sini apakah kalian menyadari bahwa membuat artikel menarik sungguh tidaklah mudah dilakukan? Memang tak semua orang dapat melakukannya. Dibutuhkan latihan dan kerja keras untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Jika kalian mengalami kesulitan untuk membuat artikel sendiri, sebaiknya gunakanlah jasa penulis artikel yang sudah berpengalaman di bidang ini. Dengan menggunakan jasa mereka, website kalian akan bertahan, bertumbuh dan terus dikunjungi orang.

Read previous post:
brand-awareness
5 Cara Meningkatkan Brand Awareness yang Efektif

Apakah kalian pernah mendengar banyak orang menyebut “Odol”  ketimbang pasta gigi?  Apakah kalian termasuk orang yang menyebut “Aqua” ketika hendak...

Close