8 Cara Menambah Followers Instagram Paling Aman, Tanpa Aplikasi, Cepat dan Gratis

Pertumbuhan pengguna Instagram terus meroket dari tahun ke tahun. Per Juni 2018, pengguna aktif bulanan Instagram telah melampaui angka 1 miliar. Karena itu Instagram menjadi sarana yang tepat untuk promosi. Tak cukup memiliki akun Instagram dan membagikan postingan saja, kalian tentu perlu meningkatkan jumlah followers akun Instagram. Nah, lantas bagaimana cara menambah followers Instagram?


Tapi, sebelum masuk ke yang lebih jauh. Alangkah baiknya kalian memahami terlebih dahulu apa saja manfaat memiliki banyak followers Instagram.

  • Meningkatkan reputasi bisnis online.
  • Inspirasi bagi followers karena setiap postingan kalian memiliki nilai reputasi yang baik.
  • Menjadi akun Instagram yang berada di urutan teratas ketika seseorang mencari sebuah akun dengan kata kunci tertentu

Menambah follower atau pengikut di Instagram memang bukan perkara mudah, kecuali kalian sangat populer seperti Selena Gomez yang tercatat memiliki jumlah follower paling banyak saat ini. Tantangan semakin besar jika kalian ingin mendapatkan follower aktif dan sesuai dengan karakter konsumen bisnis kalian. Ribuan follower aktif pastinya akan mendongkrak penghasilan kalian.

photo doc: IG @selenagomez

Untuk meningkatkan follower sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi berbayar, bot berbayar atau memakai jasa menambah follower. Namun jika tak ingin mengeluarkan biaya hanya untuk menambah follower, kalian juga bisa mencoba 8 cara menambah followers Instagram gratis tanpa aplikasi atau bot berikut ini.

 

1. Disiplin Memposting Konten

cara menambah followers instagram

photo doc: beautifuldestinations

Foto dan video menjadi daya tarik utama di Instagram. Berbeda dengan Facebook, Instagram adalah media sosial yang menyediakan fitur-fitur khusus sehingga penggunanya bisa membidik foto atau membuat video,  meng-upload foto atau video, editing foto atau video. Nantinya konten-konten tersebut akan terlihat di feed pengguna Instagram lain yang telah menjadi follower atau pengikut kalian.

Karena itu kalian sebaiknya rajin-rajinlah meng-upload konten yang menarik berupa foto atau video. Untuk menjaring banyak follower, upload lebih dari 2 atau 3 konten dalam sehari dan lakukan aktivitas ini secara terus menerus. Jika kalian mengalami kesulitan menggali ide-ide segar untuk konten Instagram, manfaatkanlah jasa sosial media marketing untuk mengoptimalkan konten akun bisnis di Instagram.

Ingat, konten yang kalian upload haruslah konten-konten baru dan bukan perulangan. Tidak harus foto produk, kalian bisa juga meng-upload konten berupa kutipan bijak atau foto-foto yang sama sekali tidak terkait dengan produk namun menginspirasi. Lengkapi pula foto-foto tersebut dengan ciri khas atau theme. Theme itu akan menjadi brand identity yang kuat.

Dengan cara menambah followers Instagram ini, akun Instagram rintisan kalian akan terlihat hidup dan berkembang. Memang dibutuhkan kerja keras untuk menyiapkan konten dan meng-upload dengan disiplin. Tapi jangan kuatir, efek positifnya segera bisa kalian rasakan.

 

2. Cara Memperbanyak Followers Instagram Mengandalkan Foto yang Berkualitas dan Filter

cara memperbanyak followers instagram

photo doc: IG @leoleoparis

Sebagai jejaring sosial yang menonjolkan aspek visual, maka kalian wajib memposting foto yang berkualitas untuk menarik perhatian pengguna Instagram. Hal ini memang tak mudah dilakukan. Kalian bisa memulai dengan mencari angle yang bagus dari sebuah objek. Satu objek saja, misalnya sepatu, memiliki puluhan angle yang bisa kalian coba dapatkan.

Jika sudah mendapatkan foto dengan angle yang menarik, selanjutnya pilihlah filter yang tepat untuk memberi sentuhan pada foto.

Foto yang menggunakan filter mempunyai peluang 21% lebih banyak dilihat dan 45% lebih banyak dikomentari serta diberi LIKE.

Filter yang paling disukai adalah filter dengan temperatur warna yang berkesan hangat, memiliki kontras tinggi serta exposure tinggi. Kalian wajib mencoba cara memperbanyak followers Instagram yang satu ini. Sangat menarik sekali!



3. Jangan Malas Mempelajari dan Menggunakan Hashtag

iklan online instagram

photo doc: IG @anamarques210376

Hashstag menjadi sangat penting jika kalian ingin serius mengembangkan bisnis di Instagram. Hashtag menjadi cara mudah bagi pengguna Instagram untuk menemukan foto yang mereka sukai atau menemukan produk yang diinginkan. Karena itu jangan lupa untuk selalu menambahkan hashtag pada setiap foto yang kalian upload. Pelajari hashtag apa saja yang berhubungan dengan akun atau bisnis kalian.

Tak cukup satu atau dua hashtag saja, foto dengan 11 hashtag lebih berhasil memancing interaksi pengguna Instagram. Dalam sebuah foto, maksimal kalian bisa menambahkan 30 hashtag. Lalu amati dan catat baik-baik…

…hashtag yang efektif mendorong interaksi.

Cara menambah followers Instagram dengan menggunakan hashtag ini terbukti mampu mendongkrak jumlah followers di akun Instagram.

 

4. Pentingnya Caption

menambah followers instagram

photo doc: IG @kailochic

Seperti halnya hashtag, caption atau keterangan foto juga sangat penting untuk ditambahkan.

Tak perlu berpanjang-panjang, sebab pengguna Instagram lebih menyukai caption yang singkat, jelas, mudah dipahami dan sarat informasi.

Bagian awal caption sebisa mungkin membuat penasaran dan tambahkanlah titik-titik lalu beri jarak sehingga pengunjung terpancing melakukan klik “see more” untuk melihat caption selebihnya.

Untuk mengundang interaksi pengunjung, tambahkan pertanyaan di akhir caption. Misalnya, “Lebih suka merah atau putih?” Saat pengunjung memberikan komentar, sempatkan untuk memberi respon. Penting untuk diingat, dalam penulisan caption ini hindari typo atau salah tulis. Cek ulang ejaan dan penulisan kalian sehingga tidak ada kesalahan.

 

5. Cara Menambah Followers Instagram Melalui Kontes

Kontes instagram

photo doc: IG @perfectshaker

Kontes dapat dilakukan untuk menambah followers, sebagai iklan online dan sekaligus membuka interaksi dengan pengguna Instagram lainnya. Kontes bisa berupa pemberian hadiah atau giveway, voucher, potongan harga khusus dan lain sebagainya kepada salah satu atau beberapa orang dengan syarat-syarat tertentu. Syarat yang dimaksudkan misalnya saja keharusan untuk memberi LIKE pada konten, follow akun Instagram kalian dan tag dua atau tiga teman.

Sebagai contoh, kontes yang dilakukan oleh akun Instagram @perfectshaker. Akun ini menawarkan giveaway berupa produk terbaru mereka bagi follower yang beruntung dengan syarat memberikan LIKE pada postingan, follow akun mereka dan tag dua teman.

Kontes Instagram Starbucks

Photo doc: IG #redcupcontest

Cara menambah followers Instagram lainnya, buatlah kontes yang melibatkan pastisipasi aktif pengguna Instagram. Contohnya seperti kontes Red Cup yang dilakukan Starbucks. Dalam kontes ini, Starbucks mendorong konsumen untuk meng-upload foto-foto mereka dengan Red Cup, follow dan mention akun Starbuck serta menambahkan hastag #redcupcontest. Beberapa follower dengan foto terbaik akan dipilih dan mendapatkan hadiah berupa perhiasan bernilai $200.

Tentu saja cara menambah followers Instagram melalui kontes Red Cup ini membuat banyak orang datang ke gerai-gerai Starbucks untuk membeli edisi spesial liburan red cup. Sebagian dari mereka membeli karena tertarik untuk mengikuti kontes. Tetapi banyak pula yang tak mengikuti kontes dan hanya menyimpan red cup sebagai koleksi. Intinya, penjualan edisi spesial red cup Starbucks menuai sukses, baik berupa penambahan follower maupun penjualan.

 

6. Follow dan Like Akun Sejenis

Meningkatkan Followers Instagram

photo doc: IG @abeautifulmess

Apakah kalian menemukan akun-akun Instagram yang mirip dengan akun kalian? Tak perlu menghindarinya, justru kalian wajib menjadi follower mereka. Misalnya saja jika kalian berkecimpung dalam bisnis desain interior, carilah akun-akun yang memiliki kegemaran yang sama. Kalian bisa melihat dari konten-konten yang mereka posting. Sementara itu jika kalian tidak menemukan akun yang mirip atau sejenis, cobalah untuk menggunakan fasilitas Search untuk mencari akun tersebut.

Setelah mem-follow akun yang mirip, lakukan interaksi dengan memberikan LIKE untuk tiga foto terbaru yang mereka posting. Interaksi ini menunjukkan ketertarikan. Lakukan kegiatan ini berulang, sebanyak-banyaknya dan kalian berpeluang mendapatkan setidaknya satu follower untuk empat akun mirip yang kalian ikuti.


jasa digital marketing


7. Memaksimalkan Konten Dengan Format Video

Upload Video Instagram

photo doc: IG @@mich.elle.imagery

Di tahun 2019 nanti diprediksi video online akan lebih banyak ditonton melalui perangkat mobile. Perkembangan ini menjadi peluang dan sekaligus tantangan bagi kalian yang sedang merintis akun Instagram untuk bisnis dan ingin menambah follower sebanyak-banyaknya. Kalian dituntut untuk lebih kreatif saat membuat video sehingga menarik perhatian pengguna Instagram lebih luas lagi.

Saat ini pengguna Instagram hanya bisa meng-upload video dengan durasi  1 menit saja dan video berdurasi maksimal 15 detik untuk Stories. Artinya, dalam video yang berdurasi pendek ini kalian harus bisa menarik perhatian pengunjung. Kabar baiknya, Instagram sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang durasi video tersebut hingga 1 jam. Jika nantinya kebijakan ini diluncurkan, maka kalian bisa lebih leluasa dan peluang untuk menghasilkan video yang kreatif semakin besar pula.

 

8. Evaluasi, Amati, Evaluasi

Fitur Insight Akun Instagram

photo doc: IG @apujilest

Jangan malas untuk mengevaluasi berbagai cara menambah followers Instagram yang telah kalian lakukan. Evaluasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Insights. Fitur Insights adalah fitur yang disediakan oleh Instagram khusus untuk akun Instagram Bussiness Profile.


Melalui fitur insight ini, kalian bisa melihat:

  • Konten-konten yang paling sering dilihat
  • Jumlah kunjungan ke halaman profile
  • Pemicu terjadinya kunjungan
  • Informasi sejenis lainnya.

Untuk memanfaatkan fitur Insights ini pastikan akun Instagram kalian telah menjadi akun Instagram Bussiness Profile. Untuk mengubah akun Instagram kalian menjadi versi Instagram Bussiness Profile, cukup hubungkan saja ke akun Facebook untuk membuat halaman bisnis. Kemudian akun Facebook dan Instagram akan terhubung dan kalian bisa segera menggunakan akun versi Instagram Bussiness Profile dengan fitur Insights dan Promote di bagian bawah konten.

Coba juga untuk mengamati akun-akun Instagram bisnis dan akun-akun Instagram berfollower banyak yang dikelola dengan profesional dan belajarlah dari mereka. Lihatlah konten-konten yang mereka posting, perhatikan cara mereka berinteraksi, dan amati cara mereka menyisipkan promo. Dengan cara ini, wawasan kalian berkaitan dengan pengelolaan akun Instagram dan cara menambah followers Instagram akan bertambah.


Butuh konsultasi? Kami siap membantu

Tim konsultasi kami dengan senang hati mendengarkan kalian


Nah, itulah 8 cara menambah followers Instagram paling aman, tanpa aplikasi, cepat dan gratis. Jika kalian menjalankan cara-cara tersebut secara rutin, tekun dan disiplin, maka jumlah followers perlahan tapi pasti akan bertambah.

Read previous post:
marketing online
Bagaimana Cara Membuat Banner yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan?

Ada banyak strategi untuk menarik perhatian calon konsumen. Salah satu strategi jitu untuk menggiring pengunjung website masuk ke halaman layanan...

Close