Growth Hacking: Cara Mengembangkan Usaha Lebih Cepat dan Efektif

Apakah kalian pernah mendengar tentang Growth Hacking? Istilah Growth Hack mengacu pada pemikiran mengenai strategi bisnis atau cara mengembangkan usaha.

Growth Hacking merupakan eksperimen kilat yang memasukkan berbagai elemen untuk meretas pertumbuhan bisnis supaya sebuah bisnis bisa berkembang dengan cepat melalui cara-cara yang tak biasa.

Setiap bisnis yang tumbuh pesat pasti memiliki growth hack masing-masing yang ditemukan melalui pendekatan-pendekatan yang unik dan mungkin tidak terlintas sedikit pun dalam pikiran kalian.

Growth Hacking bisa menjadi pilihan bagi pelaku startup atau bisnis rintisan digital yang memiliki keterbatasan modal. Growth hack menjadi solusi untuk menghindari kegagalan akibat strategi bisnis yang tidak tepat. Sebab dengan dana yang terbatas, startup bisnis dituntut untuk memiliki strategi yang jitu, efektif dan sekaligus efisien.

Beberapa contoh kasus cara mengembangkan usaha dengan growth hack antara lain

  1. Pengembangan McDonald’s yang dilakukan pada sekitar tahun 1950-an dengan membangun gerai McDonald’s di setiap pintu keluar jalan tol di Amerika
  2. Gojek yang mengharuskan pengendaranya menggunakan jaket seragam yang segera saja menjadi jaket yang fenomenal,
  3. Gebrakan Paypal yang memberikan bonus deposit melalui program refferal.

Nah, jika kalian merasa bahwa strategi bisnis yang ada saat ini terlalu biasa untuk bisnis kalian dan tak membuahkan hasil yang optimal, maka inilah saatnya untuk melakukan cara pengembangan usaha growth hacking. Berikut ini 9 cara penerapan growth hacking pada bisnis kalian.

 

1. Melakukan evaluasi produk

Cara Mengembangkan Usaha

photo doc: hbr.org

Apakah saat ini kalian sudah memiliki produk? Ataukah sekarang ini kalian sedang memikirkan untuk menciptakan suatu produk atau layanan? Jika kalian sudah mempunyai produk atau sedang menciptakan produk baru, sebaiknya lakukan evaluasi mendalam. Pastikan produk tersebut adalah produk yang benar-benar dibutuhkan orang dan mempunyai kualitas yang bagus.

Jangan segan-segan untuk meminta masukan-masukan atas produk yang kalian ciptakan. Masukan-masukan untuk produk kalian bisa diperoleh dari teman-teman ataupun dengan memanfaatkan media sosial. Respon yang didapat nantinya akan membantu kalian menyempurnakan produk atau bahkan merombak produk. Evaluasi ini mungkin tak cukup sekali saja dilakukan. Kalian bisa melakukannya berulang kali hingga mendapatkan produk yang benar-benar dibutuhkan orang.


9 Rahasia Penting dalam Perencanaan Produk Baru yang Pasti Laris

Panduan lengkap dengan rahasia sukses dalam perencanaan produk baru yang sesuai dengan jenis kebutuhan dan target market. Dijamin 90% pasti laris.


2. Memastikan segmen konsumen

Produk atau layanan yang kalian buat diciptakan untuk siapa saja? Jika produk kalian dipasarkan untuk siapa saja, maka sebaiknya pikirkanlah kembali. Sangat sulit untuk meyakinkan semua orang agar menggunakan produk kalian. Tak ada growth hacking yang bisa diterapkan untuk produk semacam ini. Karena itu sebaiknya tentukan segmen konsumen produk kalian. Siapakah yang benar-benar mendapatkan manfaat dari produk kalian?

Cobalah untuk memetakan konsumen kalian dengan sangat terperinci. Dengan mengenali segmen konsumen, kalian bisa menentukan cara mengembangkan usaha yang tepat, strategi digital marketing yang cocok hingga pengembangan produk untuk menambah manfaat-manfaat bagi konsumen. Memetakan konsumen juga akan memudahkan kalian menganalisa growth hack yang bisa diterapkan dan melakukan growth hack yang dibutuhkan. Segmen konsumen yang lebih sempit membutuhkan waktu, energi dan biaya yang relatif kecil untuk eksekusi dan evaluasi.


Panduan Jitu Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Start Bisnis

Panduan lengkap tentang cara riset pasar untuk melakukan analisa terhadap produk yang akan dijual serta mendapatkan kumpulan berbagai data dan saran yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide bisnis.


3. Menggunakan mekanisme Growth Hacking

Ada beberapa mekanisme Growth Hacking yang bisa diterapkan pada sebuah bisnis agar berkembang lebih cepat dan efektif. Mekanisme yang pertama adalah mekanisme Acquisition. Pada mekanisme ini, kalian bisa menggunakan tool tertentu untuk mempublikasikan produk secara gratis. Mekanisme ini juga dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization) dan diterapkan pada website. Kalian bisa memanfaatkan jasa pembuatan website terbaik untuk mendapatkan website yang berkualitas dan SEO yang optimal.

Mekanisme kedua adalah Activation. Mekanisme ini mendorong pengunjung untuk melakukan langkah-langkah tertentu yang mengarahkan untuk aktivasi di website. Mekanisme ketiga adalah Retention. Mekanisme ini berupa upaya untuk mengajak pengunjung kembali lagi ke website kalian. Mekanisme keempat adalah Refferal. Mekanisme ini bertujuan agar pengunjung mengajak teman-teman mereka agar ikut menjadi pengguna di website kalian. Dan mekanisme yang terakhir adalah Revenue. Mekanisme ini mengusahakan agar pengguna bisa mendatangkan penghasilan bagi bisnis kalian.

 

4. Cara mengembangkan usaha dengan menciptakan eksklusivitas

Produk Spesial

photo doc: freepik.com

Siapa saja yang bisa mendapatkan produk kalian? Bagaimana mereka bisa memperoleh produk tersebut? Menjadikan produk kalian sebagai produk yang eksklusif bisa menjadi strategi pemasaran yang jitu. Misalnya saja kalian mengatur agar konsumen hanya bisa mendapatkan produk jika mendapatkan undangan atau direkomendasikan oleh seseorang. Meskipun dibatasi seperti ini, tetapi buatlah agar setiap orang bisa meminta undangan atau rekomendasi tersebut.

Strategi ini membuahkan hasil yang positif sebab setiap orang ingin menjadi bagian dari sesuatu hal yang istimewa. Strategi seperti ini pula yang digunakan oleh Pinterest saat layanan Pinterest pertama kali diluncurkan. Hasilnya, ada ribuan orang yang meminta untuk bergabung. Apakah kalian ingin mencobanya?

 

5. Memberikan hadiah

Memberikan Hadiah

photo doc: poshbeautyblog.com

Setiap orang pasti senang mendapatkan hadiah. Kalian bisa memanfaatkan hadiah untuk mendorong orang mempromosikan atau merekomendasikan suatu produk. Hadiah yang ditawarkan bisa beragam bentuk, mulai dari diskon, penambahan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan kemudahan lainnya, prioritas untuk mendapatkan produk-produk edisi khusus dan lain sebagainya. Iming-iming hadiah seperti ini sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk mempromosikan suatu produk atau tidak.

Cara mengembangkan usaha dengan pemberian hadiah ini pula yang dilakukan oleh Dropbox. Mereka memberikan hadiah berupa penambahan kapasitas penyimpanan data bagi pengguna yang mereferensikan layanan mereka kepada teman-teman pengguna. Pemberian hadiah ini terbukti mampu meningkatkan jumlah mengguna Dropbox dalam waktu yang relatif singkat.

Cara mengembangkan usaha yang sama juga dilakukan oleh Gojek. Gojek menawarkan promo sebesar Rp. 5000,- untuk jarak tempuh maksimal 25 Km. Hasilnya, ada ribuan pengendara yang mendaftarkan diri untuk memenuhi permintaan layanan ojek yang terus melonjak setiap harinya. Biaya yang dikeluarkan untuk memberikan promo segera tergantikan dengan banyaknya permintaan ojek yang bisa terpenuhi.

 

6. Menawarkan produk gratis

Begitu mendengar kata “gratis”, sebagian besar konsumen pasti langsung tertarik. Strategi ini memang sangat jitu untuk menarik perhatian dengan cepat. Kalian pun bisa menggunakan cara yang sama untuk mengenalkan produk. Misalnya saja gratis pemakaian untuk 3 bulan pertama, gratis produk untuk pembelian produk lainnya dengan jumlah tertentu, gratis ongkos kirim untuk pemesanan melalui aplikasi mobile untuk mendorong penggunaan aplikasi mobile dan bentuk penawaran gratis lainnya.

Tawaran produk gratis tak hanya akan menjaring konsumen baru, tetapi juga melahirkan testimoni-testimoni yang meningkatkan brand awareness terhadap produk kalian. Produk-produk dengan testimoni positif akan ramai dibicarakan dan menarik minat lebih banyak orang lainnya. Strategi yang sama pernah digunakan oleh Hotmail dalam mempromosikan layanan email berbasis browser. Promo ini membuat pengguna layanan Hotmail melonjak hanya dalam kurun waktu yang amat singkat.

 

7. Memperbaiki website

Website Bisnis

photo doc: mycomputerexperts.net

Jangan mengabaikan website sebagai representasi bisnis kalian. Website yang lambat hanya akan membuat pengunjung meninggalkan website dengan cepat tanpa mengetahui produk atau layanan yang kalian tawarkan. Website yang tidak mendukung seperti ini akan menurunkan konversi hingga 7%. Sebaliknya, website yang cepat dan mudah diakses akan meningkatkan konversi sebesar 15% hingga 21%. Karena itu sebaiknya alokasikan dana dan waktu untuk memperbaiki website sehingga mendukung perkembangan bisnis kalian. Manfaatkan jasa pembuatan website terbaik untuk mengoptimalkan digital marketing bisnis kalian.


jasa pembuatan toko online


8. Integrasi dengan media sosial

Sosial Media Marketing

photo doc: MakeAWebsiteHub.com

Integrasikan website kalian dengan media sosial agar pengunjung mudah membagikan dan menandainya di akun-akun media sosial mereka. Media sosial menjadi media yang efektif untuk mempromosikan bisnis kalian dengan cepat dan murah. Tempatkan link-link menuju ke media sosial di berbagai sudut website. Tak hanya di halaman depan saja, kalian bisa menempatkan link-link media sosial di halaman-halaman produk, halaman kontak dan halaman-halaman lainnya.



9. Menayangkan jumlah konsumen

Apakah keuntungannya menayangkan jumlah konsumen atau jumlah kunjungan? Ketika kalian sudah mencapai jumlah konsumen atau jumlah kunjungan yang cukup besar, maka jangan ragu-ragu untuk menampilkannya secara terbuka. Dengan menampilkan jumlah konsumen atau kunjungan ini, kalian seperti sedang mengatakan bahwa kalian sangat populer.

Kalian juga bisa menampilkan informasi yang lebih lengkap mengenai konsumen atau pengunjung tersebut. Misalnya saja lokasi asal mereka, lama aktivitas mereka dan sudah berapa lama mereka menjadi konsumen kalian. Informasi seperti ini akan membuat orang yang melihatnya tertarik untuk bergabung. Bisnis kalian pun dengan sendirinya akan terlihat sebagai bisnis yang telah mapan.


Bingung Mulai dari Mana?

#JanganBikinSusah


Nah, apakah beberapa langkah Growth Hacking tersebut telah menginspirasi kalian? Apakah kalian akan menggunakannya untuk mengembangkan bisnis? Sebuah bisnis merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan pembelajaran. Dalam perjalanan ini, kalian akan menemukan cara mengembangkan usaha yang unik milik kalian sendiri. Jangan takut untuk menjadi berbeda dan melakukan growth hacking yang belum pernah ada sebelumnya. Sejarah membuktikan, ide-ide yang diremehkan pada akhirnya mampu mengubah sebuah bisnis menjadi bisnis yang paling sukses.