10 Rahasia Cara Optimasi SEO On Page yang Efektif

Di tengah ketatnya persaingan usaha di dunia online saat ini, bagaimana cara Anda memaksimalkan suara agar bisa didengar dan diperhatikan oleh para pengguna internet? Mulailah dengan cara optimasi SEO on page untuk meningkatkan tingkat visibilitas website atau blog Anda di internet.


Pengertian SEO On Page

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah yang satu ini, namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan SEO on page?

cara optimasi seo on page

Photo doc: digitalcube


SEO on page adalah segala upaya yang dilakukan untuk mendapat rating lebih tinggi di mesin pencari serta meningkatkan jumlah pengunjung yang relevan. Kata On Page disini mengacu pada area kerja Anda yaitu segala aspek yang berkaitan dengan website seperti konten dan HTML.

Fokus Anda disini adalah untuk menciptakan sebuah website dimana para pengunjung akan betah dan merasa senang sehingga mereka akan lebih sering dan lebih lama berinteraksi dengan ide bisnis kreatif Anda. Semakin sering mereka berinteraksi, maka semakin tinggi tingkat kepuasan mereka, dan hal inilah yang dicari oleh Google.


Cara Optimasi SEO On Page

Berbicara mengenai strategi ini, maka Anda pasti mungkin sudah familiar dengan istilah seperti keyword density, meta tags, dan lain sebagainya.

Semua istilah tersebut mengacu pada tekhnik yang dipergunakan dalam cara optimasi SEO on page. Namun, tahukah Anda kalau ada begitu banyak tekhnik lain yang bisa Anda manfaatkan.

Ingin belajar SEO?

Berikut ini adalah 10 cara optimasi SEO on page yang mudah untuk diikuti namun jitu dalam memberikan hasil yang Anda inginkan.

Daftar isi:

  1. Keywords atau Kata Kunci
  2. Konten Berkualitas
  3. Internal dan Outbond Link
  4. URL Strings (Permalinks)
  5. Heading (H1/H2/H3…H6)
  6. Meta Description
  7. Multimedia
  8. Responsive dan Mobile Friendly
  9. Kecepatan Website
  10. Kemudahan untuk Social Sharing

1. Keywords atau Kata Kunci

Berbicara mengenai cara optimasi SEO on page pasti tidak akan lepas dari keyword alias kata kunci.

keywords

Photo doc: hermish


Untuk urusan kata kunci, ada beberapa prinsip yang perlu Anda ikuti:

  • No more keyword stuffing, atau memenuhi isi artikel di website Anda dengan kata kunci. Tidak ada gunanya.
  • Pilih kata kunci yang tepat. Sesuaikan dengan isi artikel dan website Anda, serta pastikan kata kata kunci tersebut merupakan kata kunci yang bisa mendatangkan jumlah pencarian yang besar.
  • Tidak perlu repot-repot, cukup manfaatkan alat bantu yang ada misalnya Google AdWords Keyword Planner untuk membantu perencanaan kata kunci yang tepat, SEMRush untuk melihat kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing Anda, dan masih banyak lagi alat bantu lainnya.
  • Jenis kata kunci. Apakah Anda akan mempergunakan kata kunci yang sifatnya informatif dan menjawab rasa ingin tahu seseorang (misalnya SEO on page seperti dalam artikel ini), transaksional (umumnya dipergunakan untuk penawaran produk atau servis), atau berdasar lokasi yang menyebutkan nama daerah tertentu. Sesuaikan jenis kata kunci dengan isi dari website Anda.
  • LSI keyword. Pada bagian bawah hasil mesin pencari Google, Anda akan melihat beberapa pilihan kata yang serupa dengan kata yang sedang Anda cari. Mereka disebut sinonim atau bahasa kerennya LSI (Latent Semantic Indexing) keyword.
  • lsi keywords

    Photo doc: backlinko

  • Untuk lebih meningkatkan peluang Anda, pergunakan LSI keyword dalam webpage Anda. Bila Anda membuat artikel yang panjang, maka besar kemungkinan semua LSI keyword ini akan muncul secara alami, namun tidak ada salahnya untuk tetap mengeceknya.
  • Pastikan untuk menyertakan kata kunci dalam judul dan sub judul. Usahakan untuk menempatkan kata kunci pada awal judul, tapi jangan berkesan memaksakan. Buat sealami mungkin agar tidak terkesan aneh.
  • Bantu Google dan juga para pembaca untuk memahami apa isi dari webpage Anda dengan cara menempatkan kata kunci di awal, dalam 100 kata pertama. Jangan terlalu banyak basi-basi dan membuat orang bosan karena Anda tidak kunjung membahas apa yang telah Anda janjikan dalam judul.

Jasa SEO Berkualitas


2. Konten Berkualitas

Prinsipnya disini adalah Anda membuat sebuah website untuk orang-orang dan bukan untuk mesin pencari. Jadi, buatlah sebuah website yang berisikan hal-hal yang bisa memuaskan para pembaca.

Caranya? Buatlah konten yang berkualitas

strategi membuat konten berkualitas

Photo doc: nuvew

HubSpot dalam content marketing reports mereka di tahun 2014 menunjukkan bahwa hampir ¾ konsumen mencari informasi mengenai sebuah bisnis dan usaha melalui artikel internet dan bukan melalui iklan.

Apa artinya? Artinya, saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk mencari tahu mengenai sesuatu berdasarkan artikel di internet. Bila Anda membuat konten yang berkualitas dan informatif, maka itu artinya Anda telah menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen.

Ciptakan konten yang berkualitas dan mampu mendatangkan banyak pengunjung. Konten seperti ini memiliki ciri bermanfaat, menarik untuk dibaca, mudah untuk dibagikan, ditulis secara mendalam namun tetap mudah dipahami, mampu memecahkan masalah, serta ditulis dengan mengedepankan pembaca.


Ingat bahwa “content is king” jadi ciptakan konten yang benar-benar berkualitas.

Bagaimana dengan konten duplikat? Konten seperti ini mudah untuk didapatkan, namun ada resiko penalti bila ditemukan oleh algoritma mesin pencari, jadi jangan ambil resiko yang tidak berguna seperti ini.

Selain konten yang berkualitas, pastikan juga bahwa Anda selalu memperbaharui konten website Anda. Konsisten dalam menambahkan konten baru dalam website Anda. Google lebih memilih untuk menampilkan konten baru dalam hasil pencarian mereka.

Tahukah Anda bahwa tingkat pembaharuan konten merupakan salah satu algoritma yang dipergunakan dalam menentukan rating sebuah website. Bahkan, hal ini mempengaruhi hingga 35% dari hasil pencarian.

Ada beberapa jenis kata kunci yang membutuhkan konten yang selalu baru dan segar, misalnya:

  • Kata kunci yang berkaitan dengan trend yang sedang berkembang, misalnya trend fashion yang berubah setiap tahun, jenis teknologi terbaru, trend politik, dan seterusnya
  • Kata kunci yang berkaitan dengan event yang diselenggarakan secara berkala, misalnya olimpiade, kontes bakat, dan lain lain
  • Kata kunci yang berkaitan dengan hal-hal yang perlu diupdate secara terus menerus, misalnya jenis Smartphone terbaik yang pastinya akan berbeda setiap tahunnya, dan sejenisnya.

jasa penulis artikel berkualitas


3. Internal dan Outbond Link

Panduan SEO on page selanjutnya adalah internal link dan outbound link.

Bangun internal link dalam webpage Anda. Internal link menjadi sebuah alasan bagi para pengunjung untuk bertahan lebih lama dalam website Anda. Para pengunjung mengetahui bahwa mereka bisa mendapatkan lebih banyak informasi menarik lewat internal link.

Penambahan internal link baru pada webpage Anda akan menunjukkan pada Google bahwa Anda memiliki konten yang fresh dan hal ini akan sangat bermanfaat dalam upaya optimasi SEO.

Berapa banyak internal link yang perlu dipergunakan? Cukup beberapa buah internal link dalam setiap webpage atau artikel sudah lebih dari cukup.

contoh internal dan outbond link

Photo doc: gustposttracker

Di sisi lain, jangan lupa untuk mempergunakan outbound link.

Apa itu outbound link? Outbound link adalah referensi pada website lain. Bila Anda mengutip informasi dari website lain, tempatkan sebuah link yang mengacu pada website tersebut.

Cara optimasi SEO on page yang satu ini terbukti cukup efektif dalam mendatangkan pengunjung. Selain itu, penggunaan outbound link akan menunjukkan pada Google bahwa website Anda berisikan informasi dari sumber-sumber yang berkualitas.

skema backlink berkualitas

Photo doc: seoandsmoservices

Tapi ingat, website yang Anda hubungkan dengan outbound link merupakan cerminan dari web Anda sendiri, jadi jeli dalam memilih.


4. URL Strings (Permalinks)

contoh permalinks

Photo doc: pribadi

Cara optimasi SEO On Page berarti Anda harus memperhatikan URL.

Berbicara mengenai URL, ada beberapa prinsip dasar yang sebaiknya anda ikuti sebagai bagian dari teknik SEO on page, yaitu:

  • Deskriptif atau menggambarkan isi dari artikel Anda
  • Pendek. Pihak Google sendiri telah menyatakan bahwa 3-5 kata pertama dalam URL mendapatkan perhatian utama. Jadi, buatlah URL yang pendek namun tetap deskriptif. Anda ingin agar para pembaca bisa dengan mudah mengetahui isi dari artikel Anda tanpa harus melihat segala macam kode dan angka dalam URL tersebut.
  • Masukkan kata kunci ke dalamnya
  • Dalam penulisan URL, pisahkan setiap kata dengan hypen (-), bukan dengan underscore (_).

Bandingkan antara 2 contoh penulisan URL berikut ini:

Contoh 1: http://www.example.org/seo/seo-on-page

Contoh 2: http://www.example.org/title/d4rt7

URL pada contoh 1 menunjukkan dengan jelas isi dari webpage tersebut. Mesin pencari seperti Google akan dengan menemukan relevansi dari website tersebut untuk ditampilkan pada hasil pencarian.

Sementara itu, penulisan URL pada contoh 2 terkesan tidak jelas. Mesin pencari tidak bisa menemukan relevansi yang cocok dari webpage tersebut. Tidak ada informasi atau kata kunci khusus yang bisa dikaitkan dengan URL ini. Jenis URL seperti ini hampir tidak memiliki nilai bagi mesin pencari.


5. Heading (H1/H2/H3…H6)

Manfaatkan penggunaan heading mulai dari H1, H2, dan seterusnya dengan maksimal.

Bagaimana caranya?

Mulai dengan H1. H1 sering juga disebut headline tag. Pastikan bahwa hanya ada 1 buah H1 dalam setiap webpage. Pergunakan H1 sebagai judul artikel dan pastikan terdapat kata kunci di dalamnya.

Selanjutnya, pergunakan H2 dan seterusnya sebagai sub-heading alias sub judul. Setiap sub judul menjelaskan mengenai satu aspek tertentu. Dalam setiap sub judul, pergunakan kata-kata yang relevan dan berkaitan dengan kata kunci utama.

contoh headings

Photo doc: cultofweb

Apa manfaat dari penggunaan heading seperti ini?

Struktur. Penggunaan heading akan membantu membentuk struktur artikel atau webpage Anda. Artikel dengan struktur yang rapi akan lebih jelas dan lebih menarik bagi para pengunjung. Dari segi kegunaan ataupun dari segi SEO, penggunaan struktur seperti ini jelas jauh lebih bermanfaat.

Para pengunjung juga akan lebih mudah dalam melakukan scanning untuk menemukan topik khusus yang mereka cari. Jadi, manfaatkan penggunaan heading dengan baik.


6. Meta Description

Meta description bukanlah sebuah faktor yang akan mempengaruhi peringkat website, namun jangan mengabaikan aspek yang satu ini. Karena, meta description masih menjadi salah satu cara optimasi seo on page yang memudahkan pengguna memilih website yang berada di halaman pertama Google.

Mesin pencari seperti Google akan membaca meta description ini untuk mengetahui topik dari sebuah webpage. Buatlah meta description yang tepat untuk lebih menarik perhatian para pembaca dan mesin pencari.

meta description

Photo doc: neilpatel

Pada awal tahun 2016, Google memperpanjang jumlah karakter yang ditampilkan dalam versi desktop dan mobile. Dalam versi desktop, Anda bisa melihat hingga 200 karakter, sementara untuk versi mobile, Anda bisa melihat hingga 172 karakter.

Jadi, buatlah meta description yang singkat (antara 160-170 karakter), deskriptif, menarik, dan jangan lupa tambahkan kata kunci.


7. Multimedia

Apa yang Anda rasakan saat membaca sebuah artikel yang begitu panjang namun hanya dipenuhi dengan kata-kata semata?

Membosankan?

Dalam tekhnik SEO on page, sangatlah penting bagi Anda untuk memanfaatkan berbagai jenis multimedia untuk menarik dan mempertahankan perhatian para pembaca.

Anda bisa mempergunakan jenis multimedia yang sesuai dengan kebutuhan.

Bila artikel tersebut merupakan sebuah tutorial, berikan gambar untuk masing-masing tahapan. Bila perlu, buat sebuah video tutorial untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada para pengunjung.

Bila mempergunakan gambar sebagai cara optimasi SEO on page, maka perhatikan hal-hal berikut:

  • Pergunakan gambar yang sesuai dengan konten
  • Pergunakan gambar dengan file, format, dan ukuran yang tepat. Jangan sampai Anda mempergunakan gambar dengan ukuran yang terlalu besar yang akan memperlambat proses membuka webpage tersebut. Sebaliknya, jangan menggunakan gambar dengan ukuran terlalu kecil yang terlihat kabur.
  • Tambahkan atribut alt dalam setiap gambar. Penambahan atribut alt yang sesuai dengan gambar dan konten akan membantu Google dalam mengenali topik dari webpage tersebut.
  • Tambahkan judul yang unik untuk setiap gambar

Jenis gambar seperti apa yang bisa Anda masukkan dalam setiap webpage?

Anda bisa memasukkan gambar apapun yang relevan dengan konten yang ada. Bisa berupa foto, tabel, infografis, diagram, data statistik, dan lain sebagainya.

alasan menyisipkan gambar di konten

Photo doc: pinterest

Berkaitan dengan penggunaan multimedia baik berupa video atau gambar dalam teknik SEO on page, ada beberapa alat bantu yang bisa Anda manfaatkan.

SEMrush Site Audits bisa membantu Anda dalam mengecek semua gambar serta atribut alt yang dipergunakannya.

SEMrush Social Media Tracker akan menyediakan analisis data yang lengkap tentang konten video Anda serta performanya di berbagai sosial media. Anda bisa melihat jumlah suka, tidak suka, jumlah share, dan lain sebagainya.


8. Responsive dan Mobile Friendly

Pada bulan April 2015, Google menetapkan sebuah standar yang memaksa semua pemilik website untuk lebih memperhatikan para pengguna mobile device seperti Smartphone.

Google tentu memiliki pertimbangan tersendiri dalam hal ini. Bagaimana tidak, berdasarkan data dari Pew Internet, sekitar 90% warga Amerika Serikat (usia dewasa) memiliki sebuah telepon genggam. Trend yang sama juga terlihat di berbagai negara di seluruh dunia.

Meningkatnya jumlah pemilik dan pengguna mobile device berarti bahwa semakin banyak juga orang yang mengakses website dari perangkat mereka. Bayangkan bila website Anda tidak mobile friendly! Apakah orang akan tertarik untuk mengunjunginya?

Pastinya tidak. Jadi pastikan untuk membuat website yang mobile friendly.

mobile friendly

Photo doc: vocso

Ada berbagai cara untuk mengecek apakah website Anda responsif dan mobile friendly, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Webmaster Tools. Bila memang website Anda terbilang tidak mobile friendly, segera lakukan perbaikan.


jasa pembuatan website toko online


9. Kecepatan Website

Ini dia salah satu aspek penting dalam cara optimasi SEO on page yang tidak boleh Anda lupakan.

Bayangkan bila Anda sedang membuka sebuah website namun waktu loadingnya terlalu lama. Apa yang Anda lakukan?

Kebanyakan orang akan keluar dari website tersebut dan membuka website lain yang tampil lebih cepat.

Data dari backlinko.com sendiri menunjukkan bahwa website dengan waktu loading yang cepat memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki peringkat yang lebih tinggi.

Jadi, coba cek kembali website Anda dan cek segala hal yang mungkin saja memperlambat kerjanya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat laju website, misalnya:

  • Menggunakan layanan hosting yang lebih cepat
  • Meminimalisir adanya redirect
  • Menghilangkan atau meminimalisir iklan
  • Melakukan optimasi kerja dari Plugin
  • Membersihkan HTML dan coding CSS

Satu hal lagi yang paling penting dalam upaya meningkatkan kecepatan website, yaitu gambar. Tahukah Anda bahwa gambar memiliki pengaruh yang cukup besar dalam proses loading sebuah website, berkisar antara 50% hingga 60%. Untuk mensiasatinya, optimasi dan compression gambar sangat diperlukan agar tidak memperlambat kecepatan website.

kecepatan website itu penting

Photo doc: ebizuniverse

Pergunakan Google Analytic Account untuk melihat tingkat kecepatan website Anda. Manfaatkan juga berbagai alat lain seperti Pingdom dan GT Metrix untuk mengecek kecepatan website, plus beberapa tambahan info lainnya.


10. Kemudian Social Sharing

Apakah website Anda sudah menawarkan kemudahan untuk melakukan social sharing ke berbagai sosial media yang ada diluar sana?

Bila belum, maka sebaiknya Anda menambahkannya sebagai salah satu cara optimasi SEO on page.

Mengapa?

Bila diperhatikan, sebuah konten atau webpage dengan jumlah sharing yang besar memiliki tingkat kredibilitas yang lebih besar di mata para pengguna. Bukan hanya itu, bila seorang influencer men-share konten webpage Anda, maka secara tidak langsung perhatian orang lain tertuju pada webpage tersebut.

BrightEdge membuat sebuah penelitian mengenai hal ini pada Januari 2013 dan menyatakan bahwa penempatan tombol social sharing yang jelas dan mencolok bisa meningkatkan tingkat share hingga 700%.

tombol sharing sosial media

Photo doc: wordpress

Tingkat social share yang besar bisa Anda manfaatkan untuk branding produk atau jasa yanga Anda tawarkan. Semakin banyak exposure, maka akan semakin besar nama brand Anda dan peluang untuk tampil di halaman pertama mesin pencari akan semakin besar.

Jadi, berikan kemudahan untuk social sharing di website Anda sekarang juga.


Waspadai Algoritma Google dalam Optimasi SEO On Page

Google menggunakan berbagai jenis algoritma dalam menentukan rating atau peringkat sebuah website. Anda yang sedang berupaya untuk melakukan optimasi SEO on page perlu memahami jenis-jenis algoritma yang ada, sehingga upaya yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal.

Salah satu jenis algoritma yang paling terkenal adalah algoritma Panda. Algoritma ini diluncurkan oleh Google sejak bulan Februari tahun 2011 dan terus diperbaharui. Tujuan utama algoritma ini adalah untuk memilah antara website yang memiliki konten berkualitas dengan website spam serta keyword stuffing.

google panda

Photo doc: affiliatemarketertraining

Berdasarkan algoritma Panda ini, Anda bisa meningkatkan rating atau peringkat website Anda dengan cara:

  • Buat konten yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi para pengunjung. Lakukan riset pasar untuk bisa membuat konten yang berkualitas
  • Buat konten atau webpage yang panjang. Disarankan untuk membuat artikel dengan panjang minimal 2000 kata. Konten yang panjang memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memiliki rating yang lebih tinggi.

Selain Panda, algoritma Hummingbird juga sering menjadi pembahasan dalam upaya peningkatan peringkat website dengan teknik SEO on page. Teknologi RankBrain Google yang diluncurkan pada musim semi tahun 2015 disebut-sebut merupakan bagian dari algoritma Hummingbird.

google rankbrain

Photo doc: neilpatel

Teknologi RankBrain ini pada dasarnya merupakan sebuah bentuk kecerdasan buatan (artificial inteligence). Google menggunakannya untuk mempelajari minat dari para pengguna agar bisa memberikan hasil yang terbaik.

Pendekatan SEO on page yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan RankBrain Google ini adalah dengan membangun konten yang memiliki kata kunci panjang dan rinci, serta lebih menyerupai percakapan.

Konten yang seakan-akan mengajak para pembaca untuk berbincang-bincang ternyata jauh lebih memuaskan dan hal inilah yang sedang disasar oleh Google.

Teknik cara optimasi SEO on page itu selalu berkembang dari masa ke masa, jadi pastikan bahwa Anda selalu mengikuti perkembangan yang ada agar bisa selalu tampil di halaman pertama hasil mesin pencari.

Rendy Andriyanto

Rendy Andriyanto

Jr. SEO Specialist at Sribu & Sribulancer || Read More about me at Anak Muda
Follow Me:
Read previous post:
belajar seo
Belajar SEO, Apa Itu SEO, Pengertian dan Dasar SEO

Anda punya bisnis yang ingin go online? Pahamilah tentang digital marketing, khususnya belajar SEO. Kenapa? karena strategi digital marketing tidak...

Close