Contoh Website Company Profile

Internet of things (IOT) sudah jadi jargon umum di era digital. Ada banyak cara untuk mengimplementasi IOT di masa digital ini, contoh sederhananya yaitu penggunaan website company profile. Seolah, wajib hukumnya tiap perusahaan untuk punya website semodel ini.

Begitu banyak nilai plus yang bisa didapat perusahaan saat punya website company profile. Eksistensi jelas terjaga, publikasi akan terkontrol, dan penetrasi market jelas lebih mudah. Tentu, masih ada banyak nilai positif lain dari website company profile.

Mengingat dunia sudah digital, peran web company profile begitu penting untuk mendongkrak perusahaan. Tentu saja, fungsi utamanya tetap untuk menyampaikan informasi ke khalayak luas. Tapi ini cuma bagian kecil dari keuntungan website perusahaan.

Sederhananya, website company profile merupakan representasi perusahaan yang berisi informasi lengkap mengenai seluk beluk perusahaan dalam bentuk digital. Ini memberi kesempatan bagi siapapun untuk mengakses, dan itu berarti bagus untuk masa depan perusahaan.

Apa yang jadi produk andalan dari perusahaan juga bisa ditampilkan, seperti halnya etalase tapi dengan format digital. Informasi apapun yang ditampilkan jadi tepat sasaran, karena mereka yang mengakses pasti butuh info mengenai produk.

Dari semua keunggulan itu, jadi hal lumrah kalau banyak perusahaan sudah mulai memakai website company profile. Dibanding harga pembuatannya, profit yang dihasilkan lebih massif dari ongkos website.


Apa itu web Company Profile?

Website perusahaan

Photo doc: artversion.com

Akselerasi pengguna internet di tanah air tak bisa dianggap remeh, dan lebih dari separuh populasi sudah melek internet. Seperti ladang subur besar yang siap dipanen, tentunya dengan cara digital. Ini cuma bisa dilakukan lewat penetrasi digital, via website company profile.

Tapi sebelum mulai terobsesi dengan website company profile, mari kembali ke dasar, apa itu web company profile?

Sebuah website yang menampilkan informasi apapun terkait perusahaan, begitu singkatnya. Nah, informasi ini bisa berupa apapun. Yang paling standar yaitu profile perusahaan, kontak, alamat, produk yang ditawarkan, dan sosok-sosok penting di struktur perusahaan.

Semua ini merupakan informasi standar yang diperlukan publik atau konsumen. Dengan begitu, mereka tak akan segan memakai jasa karena tahu semua informasi tentang perusahaan. Jadi, secara tak langsung, web company profile bisa meningkatkan trust dari konsumen.

Konsumen tahu alur kemana saat mau beli suatu produk atau jasa, dan paham alur komplain saat mendapati pesanan tak sesuai. Ini juga bagus buat perusahaan, karena tak harus repot menjelaskan alur tiap ada calon konsumen yang mau beli atau komplain.

Sebagai gambaran, menurut Business Dictionary, sejumlah aspek wajib ada di company profile. Beberapa yaitu sejarah perusahaan, jumlah pegawai serta tingkat keahliannya, alamat dan kontak, struktur manajemen, kinerja perusahaan, dan reputasi.

Ini semua penting, demi kredibilitas dan profesionalitas ke calon konsumen potensial. Memang agak sedikit tricky membuat web company profile. Selain harus memasukkan semua aspek di atas, desain website juga harus diperhitungkan supaya visitor tak jenuh.

Disinilah peran para penggiat jasa pembuatan website perusahaan. Agency bisa jadi solusi konkrit untuk membuat web perusahaan dengan tampilan professional sesuai karakteristik perusahaan. Jangan terlalu khawatir masalah harga pembuatan website, karena semua bisa didiskusikan.

Biarpun begitu, kalian tak boleh asal pilih agency. Yang musti kalian ingat, cara memilih jasa pembuatan website tak sama seperti saat kalian memilih baju. Perlu pertimbangan tak sebentar untuk memilih satu yang tepat.


Jasa Pembuatan Website Murah

Desain responsive – Loading cepat – Alamat email perusahaan – Mudah digunakan – Include domain dan hosting.


Apa Fungsi Website Company Profile?

Fungsi website perusahaan

Photo doc: creativealive.com

Ada banyak jawaban bernada positif saat kalian tanya fungsi website perusahaan. Lewat company profile, paling tidak kalian selangkah lebih maju dibanding yang lain. Secara tak langsung, konsumen akan tahu lebih dulu perusahaan kalian.

Lebih jelasnya, berikut fungsi website perusahaan dikutip dari Forbes.


Daftar isi fungsi website company profile:

  1. Beriklan
  2. Memberi kepuasan
  3. Menarik pelanggan
  4. Aksesibilitas
  5. Meningkatkan penjualan
  6. Relasi yang lebih baik

1. Beriklan

Apapun jenisnya, website jauh lebih mumpuni kalau untuk iklan. Ada semacam kebebasan memasang iklan di platform website, dan itu jauh lebih murah dibanding iklan konvensional. Bayangkan, berapa biaya untuk papan reklame dan berapa lama tahan?

Kalian juga bisa memajang produk atau jasa perusahaan disini. Ini akan memberi kepercayaan lebih ke calon konsumen karena langsung tahu dari website perusahaan. Tahap selanjutnya, ini bisa merubah calon pembeli jadi pembeli potensial.

 

2. Memberi Kepuasan

Percaya atau tidak, website perusahaan memberi rasa nyaman ke pelanggan. Mereka tak perlu khawatir takut dibohongi. Ini masalah klasik yang sering dihadapi pelanggan. Hadirnya website company profile bisa mengurangi satu masalah pelanggan.

Website perusahaan bisa buat pelanggan mudah saat mau beli jasa atau produk. Mereka akan lebih rela mengunjungi website kalian lagi daripada harus keliling untuk dapat produk yang sama. Ini yang dimaksud dengan kepuasan pelanggan.

 

3. Menarik pelanggan

Tentu saja yang dimaksud pelanggan baru. Satu diantara kekuatan utama website perusahaan yaitu menarik pelanggan. Banyak produk atau jasa populer di tempat asalnya, tapi bagaimana dengan konsumen potensial di luar tempat asalnya?

Website perusahaan bisa jadi solusi untuk ini. Tak cuma luar daerah saja, website bisa menarik pelanggan dari belahan bumi lain, dan perusahaan kalian bisa dilihat dimanapun. Internet sudah seperti komunitas global, dan inilah waktu yang tepat untuk ikut andil.

 

4. Aksesibilitas

Era digital membawa kepraktisan, dalam arti tidak ribet. Akses yang cepat adalah kebutuhan siapapun, apalagi saat mau beli produk atau jasa. Website perusahaan ibarat jalan pintas untuk konsumen mendapat produk, dan untuk menarik pelanggan bagi perusahaan.

Dengan memberi akses tak terbatas ke konsumen, ini berarti perusahaan telah membuka diri. Calon konsumen juga tak kesulitan saat butuh info produk. Aksesibilitas seperti ini yang konsumen ingin. Cuma, pastikan mengepost cukup banyak info terkait produk.

 

5. Meningkatkan penjualan

Memiliki website company profile layaknya punya ladang penghasilan baru, yang nanti bisa bermuara ke meningkatnya aktivitas penjualan jasa atau produk. Jika kalian punya website perusahaan, potensi pengunjung akan bertambah, otomatis potensi penjualan meningkat.

Seperti inilah fungsi website perusahaan sebenarnya. Makin informatif website kalian, itu memberi peluang lebih besar penjualan bisa naik. Hanya, pastikan selalu konsisten memperbarui konten produk, juga promosi di laman website.

 

6. Membuka peluang

Website perusahaan juga punya fungsi melakukan penetrasi produk ke manapun. Ini yang disebut membuka peluang. Dari tak banyak yang tahu produk kalian, mereka jadi tahu. Artinya, akan ada banyak pelanggan baru bermunculan.

Company profile juga memberi kesempatan untuk membuktikan kredibilitas. Seolah kalian mengatakan, inilah kalian yang sebenarnya, dan kenapa kalian layak dipercaya. Yang tak kalah penting, website perusahaan bisa menarik investor potensial untuk masuk.

 

7. Relasi yang lebih baik

Yang berlaku saat ini, konsumen menganggap perusahaan layaknya tukang perah. Bukan apa-apa, saat transaksi sudah beres, perusahaan seperti lepas tangan tanpa follow-up sama sekali. Padahal, pelanggan menyukai hubungan yang bersifat personal.

Website perusahaan bisa menjadi jembatan masalah satu ini, dan penting untuk membangun relasi yang bagus dengan calon konsumen. Web bisa meminimalkan kemungkinan salah paham yang tak perlu antara perusahaan dan pelanggan.


Contoh Website Company Profile Perusahaan

Sribulancer

Photo doc: Sribulancer.com

Memang agak ambigu kalau kalian cuma baca tulisan tanpa dapat gambaran jelas seperti apa company profile itu. Ada banyak contoh website perusahaan sebenarnya, dan semua tak salah. Ini cuma masalah tampilan yang beda, dan itu masalah selera.

Mari ambil contoh Sribulancer, startup yang bergerak di bidang content digital.

 

Informasi perusahaan

  • Nama perusahaan: PT. Sribu Digital Kreatif
  • Alamat perusahaan: Wisma Gandaria, Jl. Gandaria III no. 78, Jakarta 12130
  • Telepon: 085574677577
  • Website: sribu.com, sribulancer.com
  • Email: ask@sribulancer.com
  • Total pekerja: 17
  • Bidang: Desain, Programming, Penulisan, Marketing

Struktur manajemen

  • Ryan Gondokusumo, CEO
  • Wenes Kusnadi, CTO
  • Willson Cuaca, Advisor

Sekilas perusahaan

Sribulancer merupakan perusahaan terdepan di bidang jasa desain, programming, penulisan, dan online marketing, dengan tenaga professional yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Latar belakang

Sribulancer berdiri bulan Juli 2014 dengan tujuan memberi kesempatan pada freelancer untuk berkarya, dan menjembatani individu atau institusi menemukan mitra kerja yang tepat.

Kondisi sekarang

Saat ini sudah lebih dari 12 ribu freelancer yang telah menjadi mitra Sribulancer, dan lebih dari 2 ribu klien merasa puas. Jumlah ini membuat kami menjadi yang terdepan di industri penyediaan jasa.

Kunci sukses

Future of work merupakan motto Sribulancer. Kami berkarya untuk masa depan. Temukan ide-ide kreatif bersama para professional kami, dan kepuasan Anda menjadi capaian terbesar kami.

 

Catatan: Ini adalah contoh company profile yang idealnya harus ada di website perusahaan. Kalian juga bisa menambah informasi lain yang sekiranya penting diketahui konsumen. Contoh di atas tidak baku, dan kalian masih bisa merubah sesuai selera.


Masih ragu sama harganya?

#JanganBikinSusah


Sekali lagi, urutan company profile tak mutlak harus sama. Yang pasti, jangan lupa aspek penting di atas. Hanya dengan menulis company profile, kalian sudah menambah kepercayaan dari konsumen. Dan, selamat untuk itu.

Read previous post:
Harga pembuatan website
Estimasi Harga Pembuatan Website Berdasarkan Jenisnya

Tak perlu heran kalau ribuan iklan jasa pembuatan website bertebaran tak aturan di ranah maya. Pun begitu, harga yang dipatok...

Close