Pengertian Content Marketing dan Manfaat Fantastisnya untuk Sebuah Bisnis

Content marketing membuat segala strategi pemasaran online cenderung lebih soft dan efisien dari sisi budget

Bisnis online memang lebih terjangkau. Tidak butuh toko fisik dan bisa dijalankan di manapun. Mungkin karena alasan ini jugalah banyak yang akhirnya memutuskan untuk berbisnis online, entah itu menjalankannya secara penuh ataupun sekedar menjadikannya sebagai sumber pemasukan tambahan. Namun dari sini muncul permasalahan baru. Jika ada banyak orang yang terjun ke bisnis online, bagaimana bisnis kalian bisa terlihat lebih menonjol hingga menghasilkan angka penjualan? Di sinilah pentingnya marketing. Namun alih-alih melakukan pemasaran tradisional, cobalah untuk mempertimbangkan content marketing.

Dewasa ini istilah content marketing tengah merajai dunia pemasaran. Ada yang mengatakan bahwa jenis pemasaran ini paling relevan dengan karakter pasar di dunia maya. Pendapat seperti ini memang masuk akal. Namun sebelum berbicara lebih jauh tentang content marketing, ada baiknya untuk memulainya dari yang paling mendasar, yakni apa sebenarnya konten marketing itu.


Apa Itu Content Marketing

pengertian content marketing

Peluang bisnis online tidak hanya ditangkap oleh segelintir orang saja. Banyak orang yang mencoba peruntungannya di bisnis ini. Jumlahnya pun terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tingkat kompetisinya pun terus meningkat. Itulah kenapa setiap pelaku bisnis, termasuk bisnis online perlu melakukan pemasaran. Namun bukan hanya pemasaran tradisional, mereka juga perlu membangun strategi content marketing.

Istilah content marketing pada dasarnya berasal dari 2 kata, yakni content dan marketing. Konten sendiri merupakan hasil karya yang bisa berwujud artikel, gambar ataupun video. Sedangkan di sisi lain, marketing bisa diartikan sebagai upaya untuk membangun awareness sehingga pasar bisa lebih memahami solusi yang ditawarkan.

Berdasarkan dua kata tersebut, bisa disimpulkan bahwa content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan merencanakan, membuat hingga mendistribusikan konten guna mendapatkan perhatian dari pasar yang ditargetkan. Meski demikian, tujuan akhir dari content marketing tidak hanya untuk mendapatkan perhatian saja. Setelah mendapatkan perhatian, diharapkan orang-orang yang awalnya disebut audience ini berkembang menjadi konsumen dan pelanggan.


Kesalahpahaman Content Marketing yang Kerap Dijumpai

kesalahpahaman dalam content marketing

Content marketing memang dibuat untuk tujuan memasarkan produk ataupun jasa. Meski demikian, konten marketing bukanlah pemasaran yang secara langsung menyodorkan sebuah solusi praktis untuk dibeli atau yang biasa dikenal dengan istilah direct selling. Konten marketing lebih bersifat soft selling. Meski demikian, jenis pemasaran yang satu ini juga tidak lepas dari kesalahpahaman seperti berikut ini.

 

1. Content marketing adalah membuat konten yang berisi marketing atau penjualan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, banyak yang mengartikan bahwa content marketing adalah membuat konten untuk memasarkan produk atau jasa. Karena itu, cukup banyak pelaku bisnis yang membuat konten marketing dengan porsi jualan yang cukup besar. Jika memang seperti ini, apa bedanya dengan iklan?

Dalam content marketing, konten tidak dibuat murni untuk berjualan. Konten yang dibuat lebih bersifat informatif, misalnya saja seperti artikel tips, how-to ataupun informasi-informasi baru seputar bidang yang digeluti. Semua itu bisa disesuaikan dengan industri yang digeluti oleh bisnis kalian.

 

2. Content marketing tidak hanya memasarkan konten saja

Setelah dibuat, konten juga perlu dipasarkan. Akan tetapi bukan hanya memasarkannya begitu saja. Semakin banyak orang yang melihat dan membacanya memang akan semakin baik. Akan tetapi jika audience yang diperoleh tidak tepat, tujuan akhir dari content marketing, yakni berbuahnya penjualan juga tidak akan tercapai.

Untuk itulah, pemasaran konten harus dilakukan dengan penuh perencanaan. Konten harus dibuat dengan target yang spesifik. Semakin spesifik maka semakin baik. Pasarkan dan promosikan konten tersebut ke target yang telah ditentukan. Dengan cara inilah, tingkat konversi dari audience ke konsumen akan meningkat. Dari sini jugalah efektivitas content marketing akan terlihat.


Manfaat Konten Marketing Bagi Bisnis

tips membuat content marketing

Tingginya animo pelaku bisnis terkait dengan content marketing tidak lepas dari efektivitasnya dalam menarik perhatian dan membangun minat pasar. Konten marketing juga kerap dimanfaatkan untuk membangun merek dan kepercayaan publik. Ada begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari jenis pemasaran yang satu ini. Berikut beberapa manfaat yang paling fundamental dari content marketing.

 

1. Membantu meningkatkan traffic website

Website ibarat toko atau show room yang dibangun di dunia maya. Layaknya toko di dunia nyata, semakin banyak orang yang mengunjungi website kalian, semakin tinggi juga potensi penjualannya. Inilah yang disebut dengan traffic. Di sinilah peran content marketing dalam mendatangkan traffic ke website kalian.

Untuk mendapatkan traffic, kalian tentu membutuhkan konten yang banyak dicari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten seperti ini. Namun satu hal yang pasti, konten tersebut harus bermanfaat dan memberikan solusi. Orang biasanya juga lebih menyukai konten yang sesuai dengan mereka. Setidaknya 68% konsumen menyukai konten custom seperti ini.

 

2. Membangun merek atau brand awareness

Kalian mungkin memiliki produk yang bagus dengan kualitas tinggi. Tapi jika produk tersebut tidak diberi merek, bagaimana orang bisa membedakannya dengan produk-produk yang serupa? Inilah pentingnya merek sebagai identitas bisnis. Namun agar merek yang kalian miliki lebih dikenal publik, kalian perlu content marketing.

Content marketing sangat efektif untuk memperkenalkan dan membangun brand awareness. Hanya saja tidak semua konten bisa melakukan hal tersebut. Kalian membutuhkan konten yang berkualitas untuk itu. Lantas seperti apakah kriteria konten yang bagus?

Sebuah konten dikatakan berkualitas jika konten tersebut bisa memberi manfaat bagi orang yang membacanya. Saat pembaca menemukan bahwa konten yang kalian buat benar-benar membantu mereka, dalam benak mereka akan tumbuh keyakinan bahwa kalian memang ahli di bidang tersebut.

Konten yang berkualitas dapat menunjukkan seberapa ahli kalian dalam suatu bidang. Ini jugalah yang akan mendorong orang untuk mulai mengenali merek atau brand yang kalian miliki. Jadi jika kelak mereka memiliki masalah dalam bidang yang kalian geluti, merek itulah yang akan mereka cari. Semua itu bisa diraih dengan content marketing.

 

3. Meningkatkan angka penjualan

Pemasaran tidak hanya dilakukan untuk memperkenalkan produk, jasa atau yang lebih besar lagi, brand. Pemasaran juga dilakukan untuk mendapatkan konsumen. Content marketing memang tidak memasarkan atau mempromosikan produk secara langsung. Akan tetapi konten marketing dapat membantu meningkatkan angka penjualan dengan caranya sendiri.

Content marketing yang bagus akan menarik pengunjung ke website kalian. Lewat konten berkualitas, orang akan semakin yakin dengan keahlian yang kalian miliki. Jadi bisa dibayangkan apa yang bisa kalian dapatkan setelah mendapatkan traffic dan kepercayaan publik. Potensi mencetak angka penjualan akan semakin tinggi. Bahkan lebih dari itu, kalian juga bisa meningkatkan omzet bisnis. Inilah mekanisme dasar konten marketing.

 

4. Meningkatkan tingkat engagement

Content marketing yang bagus tidak hanya menarik orang untuk membacanya. Konten tersebut juga akan mendorong pembacanya untuk berinteraksi dengan pembuatnya. Komentar yang masuk adalah salah satu buktinya. Bahkan tidak sedikit yang mengajukan pertanyaan langsung kepada kalian. Saat pembaca mengajukan pertanyaan, ini menunjukkan bahwa mereka percaya kepada kalian. Mereka yakin bahwa kalian memiliki solusi yang mereka butuhkan.

Untuk membangun dan meningkatkan engagement seperti ini, kalian memang harus lebih terbuka. Misalnya saja dengan mengaktifkan fitur komentar atau membuka saluran khusus untuk tanya jawab. Dengan cara itulah, tujuan content marketing bisa kalian capai.

 

5. Membantu menempatkan kalian sebagai though leader

Istilah influencer terdengar semakin akrab di era digital seperti sekarang ini. Biasanya influencer berasal dari golongan independen yang tidak terikat dengan brand tertentu. Mereka memiliki keahlian di bidang yang spesifik. Mereka juga aktif menyampaikan pemikirannya akan bidang tersebut. Karena itulah, pendapat mereka kerap didengarkan bahkan dipercaya oleh follower-nya. Sebagai pelaku bisnis, kalian juga bisa membangun reputasi seperti ini dengan content marketing.

Dengan konten marketing, kalian mungkin tidak bisa menjadi influencer dalam artian seperti di atas. Akan tetapi saat kalian menjadi though leader, kalian bisa mendapatkan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Orang akan mempercayai apa yang kalian katakan. Mereka akan meyakini bahwa penilaian kalian itu memang benar. Bahkan lebih jauh lagi, content marketing akan mendorong orang untuk mencari kalian saat membutuhkan jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi.


jasa penulis artikel berkualitas


Tips Membuat Konten Marketing yang Menggigit

tips membuat content marketing

Kelima manfaat di atas hanya bisa diperoleh dengan content marketing yang berkualitas. Pertanyaannya kini, bagaimana cara membuat konten berkualitas? Berikut tips yang bisa kalian ikuti.

 

1. Tentukan audience

Kalian harus memahami siapa target audience kalian. Target audience ini bisa disesuaikan dengan pasar yang ingin kalian garap.

Menentukan target audience akan membantu kalian dalam membuat konten yang tepat dan berpotensi membuahkan angka penjualan. Selain itu, content marketing yang tertarget juga bagus untuk membangun basis informasi untuk pelanggan.

 

2. Fokus memberi manfaat

Sebelum membuat konten dan menjalankan strategi content marketing, tanyakan ini ada diri sendiri. Apakah konten tersebut memberi manfaat bagi audience?

Ingat, konten yang kalian buat pada dasarnya bukan hanya untuk menarik audience. Kelak kalian juga akan mengonversi audience menjadi konsumen hingga kemudian menjadi pelanggan. Jika konten tersebut tidak memiliki nilai manfaat, bagaimana kalian bisa menjadikannya sebagai batu pijakan untuk menawarkan solusi yang kalian miliki?

 

3. Sesuaikan dengan tren yang tengah berlangsung

Content marketing pada dasarnya sangat dinamis. Bentuknya selalu mengikuti tren yang tengah berlangsung. Saat membuat konten, prinsip ini juga harus dipegang. Buatlah konten yang sesuai dengan permasalahan yang saat ini tengah dihadapi oleh masyarakat. Namun tentu saja, meski mengikuti tren, kalian juga harus konsisten dengan bidang yang digeluti.


Butuh Jasa Penulisan Artikel Berkualitas?

#JanganBikinSusah


Kesimpulan

Perilaku konsumen di era digital telah berubah. Cara mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli juga tidak lagi sama. Untuk itulah dibutuhkan strategi yang berbeda untuk menarik perhatian hingga mendorong mereka untuk melakukan hal yang kalian inginkan, yakni membeli solusi yang kalian tawarkan. Sebagai pelaku bisnis, kalian perlu membangun ekosistem pemasaran. Mulai dengan mengedukasi publik, membangun brand dan opini positif hingga menjaga loyalitas pelanggan. Semua itu bisa dilakukan dengan content marketing.

Meski demikian, membuat konten yang berkualitas tidaklah mudah. Butuh riset dan pengetahuan yang memadai. Begitu juga dengan eksekusi dan pemasaran kontennya. Semua itu harus dilakukan secara berkelanjutan demi memastikan manfaat terbesar content marketing bisa didapatkan.

Rendy Andriyanto
Follow Me:
Read previous post:
Sosial Media Marketing
Perhatikan! Inilah 8 Tren Sosial Media Marketing 2019 yang Akan Membantu

Sosial media merupakan sebuah lahan yang terus berkembang dan berubah setiap saat. Para pengguna sosial media memanfaatkan platform ini untuk...

Close