Apa itu Facebook Ads? Dan Pelajari 4 Rahasia Sukses FB Ads

Apakah kalian punya akun Facebook? Hampir semua orang punya akun Facebook dan mengaksesnya setiap hari. Di tahun 2018, tercatat jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia tak kurang dari 2,17 milliar atau naik sekitar 15% dari jumlah pengguna di tahun sebelumnya.

Karena itulah, Facebook menjadi tempat yang strategis untuk mempromosikan bisnis kalian. Facebook Inc menyediakan layanan iklan Facebook ads untuk para pelaku usaha yang ingin menggunakan Facebook untuk beriklan. Facebook ads adalah senjata untuk meraup keuntungan di jejaring sosial raksasa Facebook.

facebook

photo doc: https://web.facebook.com/

Mengenal Facebook Ads

Apakah kalian masih asing dengan Facebook ads? Facebook ads adalah fitur yang secara khusus dirancang Facebook untuk mengiklankan fans page yang sudah kalian buat. Fans page merupakan halaman yang memungkinkan pengguna Facebook menjadi pengikut halaman tersebut atau memberikan LIKE. Sebuah fans page bisa mewakili sebuah bisnis, produk, layanan jasa, individu, brand dan lain sebagainya.

Facebook ads memberikan kemudahan kepada para pengiklan untuk merancang iklannya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, wilayah geografis, pendidikan, hobi dan lain sebagainya. Secara garis besar, ada tiga tahapan utama dalam cara beriklan di Facebook ads. Berikut ketiga tahapan tersebut.

1. Memilih model iklan

Pada tahapan yang pertama ini, pengiklan harus memilih salah satu model iklan yakni Promote Page Posts, Get More Page Likes, dan Advanced Options. Model Promote Page Posts disediakan untuk mempromosikan salah satu posting terbaru di halaman fans page kalian.

Model Get More Page Likes menyediakan setting iklan mulai dari pembuatan judul, teks dan gambar yang bisa dilakukan oleh pengiklan. Sedangkan model Advanced Options adalah model iklan yang memungkinkan kalian untuk memilih sendiri iklan yang hendak dipromosikan dan harga yang harus dibayarkan.

buat iklan di facebook

photo doc: https://web.facebook.com/

2. Target iklan

Setelah memilih model iklan, pada tahapan selanjutnya kalian perlu memilih kategori-kategori target iklan. Tujuannya tak lain supaya iklan lebih tepat sasaran. Kategori-kategori target iklan yang disediakan Facebook ads adalah target iklan berdasarkan umur, hobi, pendidikan, wilayah dan beberapa kategori lainnya.

facebook ads

photo doc: https://all-free-download.com/free-vector/download/social-media-infographic-design-human-icons-combination-style_6826181.html

3. Harga dan jadwal iklan

Pada tahapan yang ketiga ini, kalian perlu memberi nama iklan yang akan ditayangkan dan mengatur waktu penayangannya. Lalu tentukan pula besarnya anggaran iklan kalian per hari. Misalnya saja Rp. 50.000,- per hari. Adapun penghitungan biaya iklan di Facebook ads tersedia dalam dua model yakni CPC dan CPM.

  • CPC (Cost Per Click)

Pada model iklan CPC, kalian akan dikenakan biaya tiap kali iklan di klik oleh pengguna Facebook. Ada pun penentuan besarnya biaya iklan model CPC bergantung pada tingkat persaingan, bidang pemasaran, dan arah iklan menuju ke fans page atau website. Untuk pemasang iklan dengan target pasar Indonesia, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan antara Rp. 650,- sampai dengan Rp. 1.550,-.

  • CPM (Cost Per Mile)

Sedangkan pada model iklan CPM, kalian akan dikenakan biaya iklan setiap 1.000 kali penayangan. Dengan kata lain walaupun iklan tidak di klik oleh pengguna Facebook, kalian tetap dikenakan kewajiban untuk membayar iklan tersebut. Penentuan biaya iklan model CPM ini sama seperti model iklan CPS yakni target pasar, bidang bisnis dan beberapa pertimbangan lainnya. Adapun kisaran biaya yang dikenakan antara Rp. 650,- hingga Rp. 1.550,-.

pembayaran facebook ads

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/three-credit-cards_183119.html

Saat ini bisa dibilang Facebook ads adalah cara beriklan yang paling populer di dunia bisnis. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, usaha-usaha kecil pun berkesempatan menggunakan Facebook ads untuk mempromosikan bisnis mereka.

Facebook inc menyediakan metode pembayaran yang mudah sehingga mendukung siapa saja yang ingin memasang iklan. Beberapa metode pembayaran yang disediakan Facebook ads adalah melalui ATM atau bank transfer, kartu kredit atau debit, Paypal dan kupon iklan Facebook.

 

Sebelum Pakai, Ketahui 7 Kelebihan Facebook Ads Berikut Ini

Jika kalian ingin mempromosikan bisnis dengan cepat dan efektif, maka layanan jasa Facebook ads menjadi pilihan yang tepat. Selain terdapat banyak kelebihan Facebook, nyatanya ada begitu banyak pengguna aktif Facebook di Indonesia dan juga di berbagai belahan dunia.

 

Rahasia Sukses FB Ads

Setelah mengetahui sekilas tentang Facebook ads, apakah kalian tertarik untuk buat iklan di Facebook? Sebaiknya jangan terburu-buru memasang iklan dengan menggunakan Facebook ads. Ada baiknya kalian belajar lebih banyak lagi mengenai tips beriklan di Facebook. Sebab tak sedikit pebisnis yang mengalami kegagalan dengan FB ads ini. Berikut 4 rahasia sukses FB ads yang wajib kalian ketahui.

 

1. Iklan yang Menarik

Seperti halnya iklan-iklan lainnya, iklan yang dibuat dengan Facebook ads harus menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Untuk membuat tampilan iklan yang menarik, kalian bisa memadukan gambar dan teks. Tentu saja kalian harus membuat kata-kata yang powerfull, tidak sekedar deskripsi produk atau jasa saja. Hindari menggunakan foto seadanya hanya karena kalian tidak bisa mengedit foto. Manfaatkanlah jasa edit foto profesional sehingga foto untuk iklan benar-benar mampu mencuri perhatian orang yang melihatnya.

iklan facebook

photo doc: https://web.facebook.com

2. Kenali Karakter Konsumen Kalian

Apakah produk atau jasa yang kalian tawarkan? Siapa sajakah konsumen kalian? Bagaimanakah karakter mereka? Sebelum memasang iklan Facebook ads, sebaiknya kenali terlebih dahulu karakter konsumen kalian. Sebab Facebook ads adalah fitur beriklan canggih yang dilengkapi dengan kemampuan untuk membidik konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, perangkat yang digunakan, hingga orang-orang yang berhubungan dengan konsumen kalian. Jika kalian mengenali karakter konsumen, maka iklan Facebook pun akan tepat sasaran.

Sebagai contoh, kalian ingin buat iklan di Facebook untuk jasa pembuatan jaket jeans custom pria dengan harga pembuatan jaket mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000 dengan lokasi workshop di Jogja dan Solo. Berdasarkan deskripsi bisnis tersebut, cobalah untuk melakukan riset. Misalnya saja dengan mengamati kompetitor, website yang mereka miliki, konten di dalamnya, interaksi dengan konsumen di media sosial, dan juga dengan memanfaatkan Facebook search graph serta Google Adwords Display Planner.

Berdasarkan riset yang dilakukan, maka kalian bisa membuat gambaran mengenai karakter konsumen yang hendak kalian bidik. Karakter konsumen ini nantinya sangat dibutuhkan saat melakukan pengaturan iklan Facebook ads. Berikut contoh rinciannya.

  • Usia: 25 tahun – 40 tahun
  • Jenis kelamin: pria
  • Lokasi: Jogja dan Solo
  • Ketertarikan: Jaket, jeans, jaket jeans, jaket custom
  • Koneksi: teman-temannya dari fans page kalian
  • Perilaku: pemakai smartphone, pemakai smartphone berbasis Android

3. Mengoptimalkan Penggunaan Fitur Facebook Ads

Dari waktu ke waktu, Facebook ads terus mengalami penyempurnaan. Facebook Inc terus menambahkan fitur-fitur canggih untuk membantu kalian merancang iklan yang benar-benar efektif dan tepat sasaran. Sayangnya, belum semua pengguna Facebook ads memanfaatkan fitur-fitur tersebut dengan optimal. Untuk itu sebaiknya kalian mempelajari satu per satu fitur-fitur tersebut.

Beberapa contoh kelebihan Facebook ads adalah fitur Custom Audience untuk membidik konsumen berdasarkan daftar alamat email yang kalian miliki, fitur Retargeting untuk membidik ulang konsumen yang pernah berkunjung ke website atau fans page kalian, fitur Lookalike Audience untuk membidik konsumen baru yang mempunyai kemiripan karakter dengan konsumen lama, dan fitur Conversion Tracking untuk mendeteksi jumlah konsumen yang bertransaksi melalui website atau melakukan tindakan yang kalian harapkan.

fitur facebook ads

photo doc: https://all-free-download.com/free-vector/download/seminar-background-lecturer-audience-icons-colored-cartoon-design_6831505.html

4. Memberi Respon Dengan Cepat dan Tepat

Jika kalian sudah berhasil buat iklan Facebook yang menarik dengan memadukan teks dan gambar, lalu membidik karakter konsumen yang tepat dan dengan optimal menggunakan fitur-fitur Facebook ads, maka dapat dipastikan akan ada banyak calon konsumen yang menghubungi kalian. Pertanyaannya, sudah siapkah kalian menghadapi serbuan calon konsumen tersebut?

Seringkali pelaku usaha tidak siap dengan efek yang dihasilkan dari iklan yang sukses di Facebook. Contoh ketidaksiapan yang bisa saja terjadi mulai dari data stock barang yang tidak update sehingga konsumen harus menunggu lama saat menanyakan stock barang, customer service yang tidak sigap dan tidak ramah, hingga keterbatasan pengetahuan mengenai produk.

jasa iklan online

Ketidaksiapan tersebut tentu saja akan membuat konsumen enggan menyelesaikan transaksi. Akibatnya, iklan Facebook yang sudah efektif menjaring konsumen tidak disertai dengan peningkatan pendapatan karena respon yang tidak tepat. Karena itu, sebelum memasang iklan di Facebook sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin sehingga bisa memberikan respon dengan cepat dan tepat kepada konsumen.

Jika memang diperlukan, kalian bisa mempekerjaan beberapa customer sevice untuk melayani pertanyaan-pertanyaan konsumen. Tentukan standar pelayanan customer service. Misalnya saja, wajib mengawali percakapan dengan ucapan salam, menyebut konsumen sebagai Bapak dan Ibu, atau Bunda dan Kakak. Susun pula informasi terperinci mengenai produk-produk yang ditawarkan.

Contohnya saja, panjang dan tinggi produk, berat produk, bahan baku produk, asal bahan baku produk, perlakuan-perlakukan khusus terhadap produk, garansi atau tidak garansi, ketentuan pengiriman ke luar kota atau luar negeri dan informasi pendukung lainnya. Kesiapan menghadapi konsumen akan menumbuhkan rasa percaya konsumen sehingga mereka terdorong untuk segera menyelesaikan transaksi.

cara beriklan di facebook

photo doc: https://all-free-download.com/free-photos/download/hand-holding-iphone-4-selecting-facebook-app_596599.html

Nah berbekal informasi ini, kalian tentu semakin tertarik untuk memasang iklan Facebook ads, bukan? Dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia, pengguna Facebook di Indonesia menjadi target iklan Facebook yang sangat potensial.

Kalian bisa mempromosikan bisnis yang baru dirintis maupun mengembangkan bisnis yang telah ada dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads. Tak hanya membidik konsumen di Indonesia saja, Facebook ads juga bisa dipakai untuk mempromosikan bisnis hingga ke mancanegara.