Wandria: Cerita dari Freelancer of The Month Content Writer

Awal Perkenalan Dengan Sribulancer

Berawal dari curhat tentang kejenuhan mengelola bisnis kuliner, seorang sahabat yang mengetahui passion saya dalam bidang menulis kemudian menyarankan untuk mencoba mencari pengalaman baru sekaligus penghasilan tambahan sebagai penulis freelance di Sribulancer.


Baca Juga:


 

Awal Mendapatkan Pekerjaan di Sribulancer

Setelah beberapa kali mengintip situs Sribulancer untuk mempelajari sistem kerja serta berbagai job yang ditawarkan, akhirnya saya memberanikan diri untuk mengajukan penawaran pertama.
Meski dengan modal nekat, dan tanpa pengalaman sebagai freelancer sebelumnya, saya cukup beruntung bisa langsung mendapatkan job dari penawaran pertama tersebut.

Selain mendapatkan client pertama yang sangat friendly dan komunikatif, job pertama yang saya dapatkan juga saat itu memberikan bayaran yang cukup besar bila dibandingkan dengan job sejenis yang ditawarkan.

Bila dilihat kembali, saya sadar kalau tidak semua orang seberuntung saya saat mengajukan diri sebagai freelancer. Tidak sedikit freelancer pemula yang harus menawarkan diri hingga belasan kali sebelum akhirnya mendapatkan sebuah job.

Untuk para penulis freelance yang ingin mendapatkan job di Sribulancer, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu:

  • Awali penawaran dengan sapaan hangat dan personal, untuk membangun kedekatan dengan calon client.
  • Jelaskan secara singkat kenapa Anda adalah freelancer yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Misalnya: Anda memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut, Anda sudah pernah menulis tentang niche tersebut sebelumnya.
  • Sebutkan beberapa sumber atau website kredibel dan relevan yang menjadi referensi Anda dalam menulis topik tersebut.
  • Sebutkan estimasi waktu penyelesaian job. Pastikan jangka waktu yang Anda berikan ini realistis dan bisa dipenuhi.

Mau Kerja Bareng Wina Andria?

 

Kesan Menjadi Trusted Freelancer

Ada satu pelajaran bagus yang saya terima dari seorang client, yaitu bahwa social proof atau bukti sosial sangat penting dalam dunia freelance. Di Sribulancer sendiri, social proof seorang freelance bisa dilihat dari label trusted dan rating dari pekerjaan sebelumnya.

Karena itulah, sejak menjadi penulis freelance di Sribulancer saya selalu berusaha memperbaiki kualitas diri, mulai dari cara interaksi yang baik dengan client, kualitas tulisan untuk client, serta memenuhi kebutuhan serta permintaan client.

Sejak diverfikasi oleh pihak Sribulancer dan mendapat label trusted, believe it or not, saya tidak pernah lagi harus mengajukan penawaran pada calon client. Begitu banyaknya penawaran job langsung, sampai terkadang tak enak hati untuk menolak berbagai job yang ditawarkan.

Dukungan sistem dan tim Sribulancer yang sangat baik juga membuat saya akhirnya memantapkan diri sebagai full time freelance content writer. Kapan lagi kan, bisa mendapat kesempatan menghasilkan pendapat signifikan dari passion hidup saya?

 

Tips Sukses Untuk Freelancer Sribulancer

Dari pengalaman saya sebagai seorang freelancer, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak job dan rating tinggi dari client:

  • Buat Portfolio Menarik. Portfolio akan menjadi kesan pertama Anda di mata client, jadi buatlah semenarik dan sekreatif mungkin. Sebaiknya bedakan portfolio freelancer dengan CV untuk melamar pekerjaan, dan tuangkan passion Anda kedalam portfolio tersebut.
  • Pilih Job Yang Anda Yakin Bisa Selesaikan. Untuk menjaga kualitas hasil pekerjaan, pilih job dengan topik atau niche yang sungguh Anda kuasai.
  • Disiplin dan Komitmen. Selalu penuhi deadline atau estimasi waktu penyelesaian job yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Perbanyak Referensi. Selain memperbanyak sumber referensi untuk penulisan artikel, ada baiknya Anda juga banyak membaca tulisan karya orang lain sebagai inspirasi untuk terus memperbaiki kualitas tulisan Anda.
  • Respon Cepat. Nyalakan notifikasi email di smartphone Anda agar bisa cepat membalas saat client memberikan tanggapan di workspace. Client biasanya terkesan dengan freelancer yang komunikatif dan cepat tanggap.
  • Utamakan Kebutuhan Client. Sebelum memulai sebuah job atau project, bertanya lebih banyak tentang kebutuhan client akan membuat tulisan Anda lebih berkualitas dan tepat sasaran. Contohnya: Demografi pembaca artikel, gaya penyampaian formal atau santai, penggunaan kata sapaan, dll. Ini juga akan mengurangi kemungkinan munculnya revisi di kemudian hari.
  • Update Progress Pekerjaan Secara Berkala. Agar client selalu tahu perkembangan project atau job yang Anda kerjakan, berikan update progress pekerjaan secara berkala, minimal satu hari sekali. Bila ada kendala atau keterlambatan, sampaikan secara jujur agar client tidak merasa khawatir.

Untuk memberikan kualitas karya terbaik, freelancer harus jeli dan luwes dalam memenuhi kebutuhan client –¬†Wina Andria

Rendy Andriyanto

Rendy Andriyanto

Jr. SEO Specialist at Sribu & Sribulancer || Read More about me at Anak Muda
Follow Me: