Tips Memilih Agency Jasa Pembuatan Website Terbaik

Tak perlu lah kalian harus buka-buka primbon untuk memilih jasa pembuatan website terbaik. Ini tak seperti memilih pasangan hidup yang kadang terasa begitu rumit. Tinggal buka browser, banyak iklan agency pembuatan website bertebaran.

Masalahnya, tak semua agency bisa menyediakan apa yang kaliah butuh. Di satu sisi, harga pembuatan website yang ditawarkan mungkin sesuai kantong. Satu sisi yang lain, spek yang ditawarkan bisa saja tak sesuai dengan kebutuhan website kalian.


Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Professional

Nah, sebelum kalian terjebak di satu agency tertentu, akan lebih baik kalau cari tahu dulu. Ini penting, apalagi jika kalian ingin punya tampilan website professional. Uraian berikut bisa bantu kalian menemukan satu jasa pembuatan website yang cocok sesuai selera.


Perhatikan Tampilan Website Agency

Website agency

Photo doc: heartinternet.uk

Don’t judge the book by its cover. Tapi, mari sejenak kalian hiraukan petuah bijak ini. Semisal tampilan situs penyedia jasa pembuatan website tak menarik, apalagi yang bisa kalian harap dari agency ini. Dan inilah cara paling mudah menilai sebuah agency.

Tapi, ukurannya tak melulu di tampilan yang keren. Bisa saja desain website dibuat biasa supaya lebih ringan saat loading, atau demi kepentingan SEO. Yang terbaik, cari situs yang punya tampilan keren plus loading cepat. Itu bukti kecil kalau mereka benar-benar ahli di bidangnya.

Percaya atau tidak, desain web yang unik bisa menarik visitor jadi customer. Rata-rata, cuma butuh 90 detik untuk menilai, dan 75% visitor akan menilai suatu produk atau jasa berdasar pada tampilan website. Begitu bunyi survey yang dimuat di salah satu laman Entrepreneur.


Cari Tahu Company Profile

Ini akan memberi kalian kepastian. Kalian pasti tak mau berbisnis dengan durasi minimal satu tahun tanpa tahu siapa yang diajak berbisnis. Lalu, bagaimana kalian bisa komplain kalau website kena DDOS atau mengalami error code?

Saat mencari agency, ini yang sebaiknya pertama kali kalian amati. Kalian bisa melihat visi juga misi perusahaan disini, juga siapa yang bertanggungjawab. Informasi lain berupa kontak atau alamat juga tertera di company profile.

Ini pentingnya tahu profil penyedia jasa. Kalian juga bisa tahu siapa tim dibalik layar pembuatan website, dan tahu harus menghubungi siapa kalau website bermasalah. Kegiatan yang sedikit membosankan ini akan memberi berkah suatu saat nanti, percayalah!


Portofolio Pembuat Website

Kalian tak harus wawancara untuk bisa tahu hasil karya dari agency pembuatan website. Mereka yang professional tak sungkan menampilkan portofolio pada situs resmi. Dengan melihat hasil karyanya, dari sini kalian bisa tahu apa agency ini sesuai atau tidak.

Di bagian portofolio, kalian bisa menjumpai informasi seperti foto tim yang disertai sertifikat keahlian, atau hal lain seperti afiliasi dengan perusahaan besar lain. Tak jarang, agency professional membuat kompetisi yang bisa kalian ikuti, dan semua bisa kalian lihat di bagian ini.

Tapi, saat menilai, jangan terpaku pada banyak atau sedikitnya portofolio yang ditampilkan. Fokus saja pada kualitas karya yang dihasilkan, itu yang terpenting. Bisa saja agency tersebut tak mau menampilkan semua karya karena ada perjanjian dengan klien.


Mau bikin website tapi belum bisa bahasa pemrograman?

#JanganBikinSusah


Pastikan Ada Garansi

Agen website

Photo doc: Dreamhost.com

Idealnya, agency professional tak cuma fokus bikin website saja. Mereka juga akan memberi garansi atau jaminan kalau website buatan mereka benar-benar bisa diandalkan. Klaim atau garansi bisa memberi kalian rasa aman.

Semisal ada error code saat install plugin, agency siap kapanpun menangani masalah seperti ini. Hanya saja, pastikan kalau garansi yang diberi bersifat gratis. Karena tak jarang agency meminta biaya tambahan dengan mengatakan error yang terjadi terlalu parah.

Gangguan teknis di website bisa terjadi kapanpun, dan garansi juga harus mencakup masalah seperti ini. Sebagai konsumen, kalian berhak tanya atau bahkan meminta garansi. Jangan takut dianggap cerewet, karena ini merupakan hak yang harus kalian dapat.


Kredibilitas dan Legalitas

Kredibel berarti bisa dipercaya, dan legal berarti telah berizin. Cari agency yang telah terdaftar sebagai perusahaan, misalnya CV, lebih bagus lagi kalau itu PT. Ini salah satu bukti kalau agency tersebut benar-benar professional dalam menawarkan jasa.

Agency besar cenderung akan tetap dominan di model bisnis apapun, ini karena kredibilitas perusahaan sudah lama terbangun di mata konsumen. Atribut ini tak diperoleh singkat, dan jelas kualitas agency seperti ini lebih bisa diandalkan.

Agency yang independen juga ada yang bagus, tapi kadang mereka punya kendala saat dihubungi. Agency yang legal berarti punya kredibilitas, meski karya yang dibuat baru beberapa. Tapi ini memberi ketenangan kalian saat muncul masalah pada website.


Lihat Demo dan Testimoni

Pembuatan website

Photo doc: checkpointgraphics.com

Jasa pembuatan website terbaik biasanya menyertakan demo juga hasil karya pada laman situsnya. Nah, kalian bisa lihat seberapa bagus kinerja agency lewat demo ini. Demo yang ditampilkan bisa berupa apapun, termasuk bahasa pemrograman yang dipakai.

Kalian juga bisa lihat testimoni konsumen lain untuk cari tahu kualitas agency ini. Komentar klien lain sangat penting, terutama untuk rujukan. Jangan lupa bagian ini, karena kalian bisa melihat apresiasi, saran, juga kritik, yang ditujukan pada agency.

Testimoni bisa punya peran layaknya bukti kalau agency tersebut benar-benar bisa diandalkan. Review dari konsumen lain penting untuk kalian baca. Anggap saja ini seperti saat kalian ingin belanja online lalu melihat-lihat review dari konsumen lain lebih dulu sebelum beli.


Kelengkapan Fitur yang Disediakan

Fitur websiste

Photo doc: web3.com.au

Agency satu pasti menawarkan fitur berbeda dari agency lain. Wajar, ini karena persaingan usaha antar jasa pembuatan website yang makin marak. Dari sekian banyak, pilih satu agency yang menawarkan fitur yang sekiranya kalian butuh di website.

Kualitas website dinilai dari fitur yang diterapkan, dan ini harus kalian pelajari. Fitur yang mumpuni bisa meningkatkan kinerja website kalian di peramban. Dan jelas, ini akan membantu sekali meningkatkan rating website kalian di mesin pencari.

Untungnya, banyak jasa pembuatan website yang menjelaskan fiturnya secara gamblang ditiap daftar paketnya. Tugas kalian cuma cari tahu, fitur apa yang sekiranya tepat sesuai kebutuhan website? Lagi-lagi, bertanya adalah langkah tepat.


Keamanan Data

Isu paling santer di dunia online yaitu keamanan data. Memang, tak ada yang sempurna di ranah maya, semua pasti ada celah atau bug yang bisa disusupi siapapun. Meski tak akan setenar kasus Cambridge Analytica, tapi ini harus jadi perhatian serius.

Kalian pasti tak ingin database yang berisi seluruh file website terekspos. Yang tak kalah penting, bagaimana tanggung jawab agency jika masalah seperti ini terjadi. Pastikan kalian tahu lebih detil tentang isu keamanan data dari agency tersebut.


Apa Ada Biaya Maintenance?

Website maintenance

Photo doc: web3.com.au

Kebanyakan agency menarik biaya maintenance pada bulan pertama sebagai bagian dari layanan, tapi ada juga yang tahunan. Tergantung paket yang diambil, kalian bisa mengambil paket sebatas pembuatan website saja atau plus maintenance.

Ini yang harus kalian pahami jika tak ingin ribut-ribut masalah invoice. Tegaskan, berapa lama maintenance yang didapat, juga adakah biaya tambahan untuk ini. Maintenance bisa mencakup apapun, termasuk saat plugin dalam wp-admin minta upgrade.


Jangan Lupakan Reputasi Agency

Reputasi bisa berupa banyak hal, dari kecakapannya, kemampuannya, keahlian menyelesaikan masalah, layanan konsumen, dan lainnya. Agency professional tak segan menampilkan informasi penting ini di kolom portofolionya.

Segala hal positif itulah yang membuat reputasi agency. Jika kalian tak menemukan sesuatu seperti ini di profil perusahaan, maka baiknya alihkan pencarian kalian ke agency lain. Ingat, jangan cuma terpaku ke satu agency saja.

Reputasi merupakan barang penting buat perusahaan supaya bisa tetap stabil bersaing. Dari sini, kalian bisa lihat seberapa bagus reputasi agency ini di mata konsumen. Makin bagus reputasi yang dipunya, makin baik produk yang dihasilkan.


Support dan Layanan Konsumen

Kalau mau sedikit nakal, inilah cara termudah untuk menemukan jasa pembuatan website terbaik, yaitu dengan berkomunikasi lewat fitur chat. Semisal respon dari agency tersebut lambat, itu sudah mewakili bagaimana agency bekerja.

Layanan konsumen dari agency juga harus mumpuni, dalam arti lebih manusiawi. Bukan robot yang membalas dengan kata-kata yang cenderung kaku. Ini bisa kalian buat sebagai patokan awal saat ingin menyewa agency pembuatan website.

Laman Forbes menyebut kalau 51% calon konsumen lebih memilih live support karena membantu secara langsung. Sedang 21% merasa terbantu live support karena tetap bisa melakukan pekerjaan sambil melakukan transaksi online.


Spek Hosting dan Cpanel

Fitur website

Photo doc: impactbnd.com

Masalahnya, kaliah lebih sering pasrah dan menyerahkan semua pada agency. Yang penting website jadi. Situasi seperti ini kadang dimanfaatkan agency dengan memberi spek yang apa adanya. Padahal kalian butuh spek besar untuk menyimpan file image.

Masih terkait spek, tak semua agency menyertakan Cpanel didaftarnya. Namanya control panel, jadi disinilah semua file yang berkaitan dengan website disimpan. Bisa dibilang, Cpanel adalah pusat kontrol website. Kehilangan Cpanel, berarti kehilanga kontrol.


Kepastian Harga Membuat Website

“Jasa pembuatan website murah mulai dari 500 ribu”.

Tak terhitung iklan yang seperti ini. Tak ada yang salah dari iklan ini jika tujuannya promosi, tapi jika sudah menyangkut konsumen, baiknya ada kejelasan. Masalahnya, kalian kadang terburu nafsu, dan tak sepenuhnya tahu apa yang bisa kalian dapat dari harga ini.

Harga yang ditawarkan mungking sudah ditulis jelas di laman situsnya, tapi beberapa penyedia kadang membubuhkan biaya tambahan tanpa persetujuan kalian. Semisal, biaya install SSL yang biasanya ditambahkan secara otomatis saat beli domain.

Yang juga perlu kalian lihat lebih detil yaitu template. Beberapa penyedia jasa pembuatan website kadang menagih biaya premium untuk template gratisan. Disinilah kalian harus cermat tanya tentang hal-hal detil, apalagi jika menyangkut masalah invoice.


Masih takut kena tipu?

#JanganBikinSusah


Support SEO?

SEO

Photo doc: comunidadblogger.net

Terutama yang berkaitan dengan plugin SEO, tak semua hosting bisa kompatibel. Beberapa website kadang langsung menampilkan pesan error begitu selesai install plugin SEO. Kalian harus memastikan kalau masalah seperti ini tak akan pernah terjadi.

Semisal, tak semua hosting mendukung plugin SEO Search Term Tagging (STT). Ini karena plugin SST terlalu banyak memakan resource dan database saat melakukan generate hasil pencarian. Masih ada banyak contoh plugin lain yang kadang tak didukung hosting.

SEO merupakan senjata utama supaya website kalian bisa menembus jajaran atas hasil pencarian. Tak ada SEO, berarti kalian tak punya senjata utama, dan itu merupakan kegagalan sebuah website. Selain itu, pastikan apakah optimasi website juga jadi bagian jasa yang ditawarkan.


Pada akhirnya, keputusan untuk memilih satu jasa pembuatan website ada di tangan kalian. Tapi, agency apapun yang kalian sewa, setidaknya barus memiliki unsur-unsur penting di atas. Sekali lagi, ini bukan kontes mencari pasangan hidup, jadi tak harus ribet untuk menemukan satu agency yang tepat.

Read previous post:
Bahasa Pemrograman
Jenis Bahasa Pemrograman Web Paling Banyak Dipakai

Well, satu kendala umum yang jadi penghalang kalian terjun di dunia online pasti karena gaptek bahasa pemrograman. Sadar atau tidak,...

Close